Salin Artikel

5 Produk Apple Termahal yang Pernah Dirilis

Produk yang baru diluncurkan Apple biasanya memiliki peningkatan performa dan material yang lebih bagus dibanding generasi sebelumnya. Jadi, cukup wajar jika Apple menjual produk terbarunya dengan harga yang lebih tinggi dari seri sebelumnya.

Namun, dari semua produk yang pernah diluncurkan sejak awal perusahaan berdiri, beberapa di antaranya menjadi produk termahal Apple hingga saat ini. Produk-produk itu dibanderol dengan harga sangat tinggi, di atas rata-rata produk Apple lainnya.

Biasanya, produk Apple yang dibanderol dengan harga fantastis adalah edisi khusus yang hanya diluncurkan pada waktu tertentu, sehingga menjadi barang langka. Lantas, apa saja produk Apple yang dibanderol paling mahal hingga saat ini?

Apple Watch sebagai produk jam tangan pintar Apple, pertama kali diluncurkan pada 2015 dengan harga awal sekitar 349 dollar AS (Rp 5 juta). Dengan produk ini, Apple ternyata ingin menyasar kalangan kolektor jam tangan.

Kemudian, Apple meluncurkan edisi khusus dari Apple Watch generasi pertama ini dengan nama Apple Watch “Edition”.

Jam tangan pintar ini dijual dengan harga mulai daro 10.000-17.000 dollar AS waktu itu. Jika dikonversi ke kurs rupiah hari ini (milai Rp 14.300), harga tertinggi dibanderol sekitar Rp 243 juta, harga yang jauh di atas rata-rata Apple Watch.

Dengan harga tersebut, Apple menawarkan tali dan casing jam yang dibalut dengan emas 18 karat di Apple Watch “Edition”.

Selain itu, produk Apple termahal berikutnya ada Mac Pro 2019. Produk CPU komputer Apple ini sebenarnya dijual dengan harga awal sebesar 6000 dollar AS (sekitar Rp 86 juta).

Namun, varian tertinggi dari Mac Pro 2019 membuat harganya jauh lebih mahal. Harga dari varian tertinggi Mac Pro 2019 ditaksir bisa mencapai 52.000 dollar AS (Rp 745 juta).

Dengan harga itu, Macbook Pro 2019 bisa memiliki spesifikasi yang lebih unggul, seperti prosesor Intel Xeon 28-core, RAM hingga 1,5 terabyte (TB), dua kartu grafis Radeon Pro W6800X Duo, dan penyimpanan internal hingga 8 TB.

Produk termahal Apple berikutnya ada di sektor komputer, yakni iMac Pro yang dirilis tahun 2017. Harga awal dari iMac Pro dengan spesifikasi standar, sebenarnya hanya dijual dengan harga 5.000 dollar AS (Rp 71 juta).

Namun, verian tertinggi dari iMac Pro dengan spesifikai yang telah ditingkat, bisa mencapai harga sekitar 13.200 dollar AS (Rp 189 juta).

Dengan harga tersebut, iMac Pro bakal didukung dengan prosesor Intel Xeon W 18-core dan penyimpanan internal hingga 4 TB.

Sebelum tahun 2000-an, Apple juga pernah meluncurkan produk komputer dengan harga yang sangat mahal, yakni Macintosh IIfx. Komputer ini digemari bagi sebagian kalangan pekerja pada tahun 1990.

Apple pernah menjual Macintosh Ilfx dengan harga hingga mencapai 12.000 dollar AS (kira-kira sekitar Rp 172 juta jika menggunakan nilai kurs saat ini). Padahal kala itu, Macintosh IIfx hanya dibekali prosesor bertipe Motorola 68030 40 MHz dengan RAM 4 MB.

Produk Apple termahal juga ada di periode yang lebih lama, yakni Apple Lisa. Komputer itu merupakan produk pertama Apple yang menggunakan perangkat mouse dan terdapat tampilan antarmuka (UI).

Apple Lisa diluncurkan pada tahun 1985 dengan harga yang sangat tinggi di zamannya, yakni 9.995 dollar AS. Sebagaimana dihimpun dari BusinessInsider, harga tersebut kini mungkin setara dengan 24.000 dolar AS (Rp 344 juta).

Itulah lima produk termahal Apple, setidaknya hingga saat ini. Bukan tidak mungkin, Apple akan merilis lagi produk dengan banderol fantastis di masa depan.

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/20/18450037/5-produk-apple-termahal-yang-pernah-dirilis

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.