Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kisruh 5G di AS, Ganggu Radar Pesawat hingga Operator Seluler Mengalah

Pasalnya, pita frekuensi sinyal 5G C-Band yang digunakan di AS, bersinggungan dengan frekuensi radar radio altimeter yang digunakan di pesawat, sebagai alat bantu pendaratan.

Solusi C-Band ini dipilih untuk menghadirkan sinyal 5G di area-area pinggiran (rural), yang belum terjangkau oleh kabel fiber optik. Sementara untuk menggelar kabel optik ke daerah-daerah, operator seluler membutuhkan biaya tinggi.

Lantas, apa hubungannya dengan radio altimeter pesawat?

Ada dua jenis altimeter (alat pengukur ketinggian) yang digunakan di pesawat, pertama altimeter yang menggunakan sensor tekanan barometer. Alat ini mengukur ketinggian (altitude) pesawat yang dihitung dari permukaan air laut.

Yang kedua adalah radio altimeter, yang berfungsi mengukur ketinggian pesawat dari daratan di bawahnya. Alat inilah yang disebut oleh asosiasi industri penerbangan AS, bisa terganggu oleh sinyal 5G C-Band tadi.

Sebab, radio altimeter bekerja di pita frekuensi 4,2-4,4 GHz, yang bersinggungan dengan pita frekuensi 5G C-Band yang beroperasi di pita 3,7 GHz - 3,98 GHz.

Cara kerja radio altimeter

Radio altimeter bekerja dengan memancarkan sinyal radio dari pesawat ke daratan, lalu dipantulkan kembali ke pesawat. Kecepatan rambat gelombang sejak dikirim dan diterima kembali oleh pesawat dipakai untuk menentukan ketinggian pesawat dari daratan.

Jika sinyal radio mengalami interferensi, maka dikhawatirkan pembacaan ketinggian pesawat menjadi tidak akurat.

Padahal, alat ini berperan penting untuk keselamatan penerbangan pesawat, seperti mencegah pesawat menabrak bukit/gunung (Controlled Flight Into Terrain/CFIT) saat penerbangan berkabut.

Peringatan aural akan berbunyi di kokpit jika di depan jalur penerbangan ada bukit/halangan, sementara jarak pandang pilot/kopilot di kokpit terbatas. Mereka akan memiliki waktu untuk melakukan manuver evasif.

Selain itu, radio altimeter juga berperan penting dalam fase takeoff dan landing. Komputer pesawat akan memberikan peringatan ketinggian dalam interval tertentu, misal 1.000 feet, 500 feet, 100 feet, 50 feet, dan sebagainya.

Komisi seluler AS, FCC sendiri dalam panduannya telah meminta operator untuk membatasi emisi dan daya yang dipancarkan BTS 5G.

Mereka telah menyediakan jarak (buffer) sebesar 220 MHz antara frekuensi 3,7-3,98 GHz (yang dipakai 5G) dan pita 4,2-4,4 GHz (yang dipakai oleh radio altimeter).

Buffer itu besarannya sudah dua kali lipat dari yang direkomendasikan Boeing pada 2018 lalu.

Autoland dilarang di 100 bandara

Otoritas penerbangan Amerika Serikat (AS), Federal Aviation Administrator (FAA) merilis ratusan NOTAM (Notice to Airmen) menjelang peluncuran layanan 5G komersil di AS.

Termasuk dalam NOTAM tersebut adalah larangan penggunaan sistem pendaratan otomatis (autoland) dan manuver penerbangan otomatis yang menggunakan radar radio-altimeter, di 100 bandara di seluruh AS.

“Pesawat dengan radio-altimeter yang belum teruji, atau yang belum diganti atau diperkuat, tidak boleh melakukan pendaratan otomatis (autoland) saat visibilitas rendah di area di mana 5G sudah diaktifkan,” kata FAA, dikutip KompasTekno dari SimpleFlying, Rabu (19/1/2022).

Autoland adalah sistem prosedur pendaratan pesawat otomatis di bawah pengawasan awak pesawat. Sistem ini membantu pesawat mengatasi masalah seperti cuaca buruk yang mungkin membuat pendaratan sulit atau berbahaya.

Penerbangan dihentikan

Jelang penerapan 5G di AS pada 19 Januari 2022 lalu, sejumlah maskapai penerbangan di dunia pun memilih untuk menghentikan semetara rute-rute penerbangan ke sejumlah kota di Amerika Serikat (AS), terkait kekhawatiran akan gangguan sinyal 5G.

"Karena kekhawatiran operasional terkait dengan rencana penyebaran layanan jaringan seluler 5G di AS," demikian tulis informasi resmi dari Emirates, dikutip KompasTekno dari Reuters, Rabu (19/1/2022).

Sejumlah rute penerbangan Emirates yang dihentikan sementara antara lain tujuan kota Boston, Chicago, Dallas Fort Worth, Houston, Miami, Newark, Orlando, San Francisco, dan Seattle.

Selain Emirates, maskapai lain yang juga mengumumkan menghentikan sementara rute ke sejumlah kota di AS antara lain Japan Air Lines (JAL), All Nippon Airlines (ANA), dan Air India.

Operator seluler mengalah

Demi meredam kekhawatiran ini, dua operator seluler AS yang bakal menggelar 5G di sejumlah bandara internasional di AS, yaitu Verizon dan AT&T, akhirnya memutuskan untuk menunda rencana perluasan jaringan 5G.

"Kami secara sukarela memutuskan untuk membatasi jaringan 5G kami di sekitar bandara. Sebab, otoritas penerbangan dan maskapai di AS belum bisa menyelesaikan masalah interferensi 5G dengan operasional pesawat," kata Verizon dalam keterangan resmi.

Pada awalnya, Verizon dan AT&T berencana menggulirkan layanan 5G mereka secara luas pada Desember 2021 lalu, namun ditunda hingga 5 Januari 2022, dan ditunda lagi menjadi 19 Januari 2022, atas dasar kekhawatiran tadi.

Meski demikian, kedua operator seluler ini tetap menggelar 5G di wilayah-wilayah yang tidak berdekatan dengan bandara, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Telecoms, Jumat (21/1/2022).

Hingga saat ini, otoritas penerbangan AS (FAA) dan komite seluler di AS (FCC) sedang mencari jalan tengah akan kondisi ini.

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/21/11240047/kisruh-5g-di-as-ganggu-radar-pesawat-hingga-operator-seluler-mengalah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke