Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dari Layar hingga Kamera, Ini Fitur Unggulan Xiaomi 11T

KOMPAS.com - Xiaomi resmi menjual duo ponsel flagship Xiaomi 11T dan 11T Pro di Indonesia pada September 2021 lalu, dengan harga mulai dari Rp 6 jutaan. 

Kedua ponsel ini memiliki perbedaan di aspek chipset, di mana model "Pro" ditenagai dengan dengan chipset Qualcomm Snapdragon 888, sementara model "reguler" ditenagai dengan chipset Mediatek Dimensity 1200-Ultra.

Meski tak memiliki embel-embel "Pro" dan sejatinya lebih terjangkau dari Xiaomi 11T Pro, bukan berarti Xiaomi 11T tak menarik untuk dilirik. Pasalnya, ada sejumlah fitur unggulan yang menjadikan ponsel ini sama bagusnya dengan "saudaranya". Apa saja?

Xiaomi 11T mengusung panel AMOLED 6,67 inci dengan resolusi Full HD Plus refresh rate 120 Hz yang didukung fitur AdaptiveSync untuk menyesuaikan refresh rate dengan konten yang dilihat.

Layar ini juga dibekali dengan touch sampling rate 480 Hz untuk meningkatkan responsivitasnya terhadap sentuhan.

Selain gesit, layar Xiaomi 11T juga diklaim memiliki lebih dari 1 miliar warna, tingkat keceharan hingga 1.000 nits, serta memiliki dukungan HDR10+ untuk menampilkan video dengan kualitas yang ciamik.

Ada pula fitur Reading Mode 3.0 yang bisa digunakan untuk mengubah saturasi layar agar nyaman dipandang ketika sedang membaca, serta Sunlight Mode 3.0 yang memungkinkan tingkat kecerahan layar dimaksimalkan ketika digunakan di bawah sinar matahari terik.

Untuk aspek ketahanan, layar Xiaomi 11T juga dilapisi dengan kaca pelindung yang diklaim tertangguh saat ini, yaitu Gorilla Glass Victus. Xiaomi mengeklaim layar ponsel ini tidak akan retak ketika terjauh dari ketinggian 2 meter.

Fitur unggulan selanjutnya di Xiaomi 11T tentunya adalah kamera utama 108 MP (f/1.75, wide angle) yang tersemat di bagian belakang ponsel. 

Kamera ini dibekali dengan teknologi Super Pixel 9-in1 untuk memperkaya detail gambar, serta fitur Dual Native ISO dan Night Mode 2.0 untuk menunjang kegiatan pemotretan di kondisi minim cahaya.

Kamera utama ini sendiri ditemani dengan dua kamera lainnya yang ada di dalam satu modul kamera, yaitu kamera ultra-wide angle 8 MP (f/2.2, berbidang padang 120 derajat), serta kamera telemakro 5 MP untuk membantu pemotretan jarak dekat sekitar 3-7 cm.

Deretan kamera belakang ini mendukung perekaman video 4K 30 fps, fitur Audio Zoom untuk memfokuskan suara yang dikeluarkan obyek, Night Mode 2.0, Mode Dokumen 2.0, Mode 108 MP, Video HDR, One-click AI Cinema, dan masih banyak lagi.

Selain kamera belakang, kamera depan Xiaomi 11T yang dimuat dalam modul punch hole juga terbilang cukup mumpuni dengan resolusi 16 MP (f/2.45). Kamera selfie ini mendukung mode Selfie Night untuk berswafoto di malam hari dan perekaman video 1080p 30 fps.

Seperti disebutkan di atas, Xiaomi 11T ditenagai dengan chipset flagship terbaru bikinan Mediatek, Dimensity 1200-Ultra.

Chipset ini memiliki prosesor (CPU) delapan inti (octa core) dengan konfigurasi 1x Ultra Core berkecepatan 3,0 GHz, 3x Super Cores berkecepatan 2,6 GHz, dan 4x Efficiency Cores berkecepatan 2,0 GHz.

Untuk mengolah kinerja visual, chipset ini juga mengandalkan pengolah grafis (GPU) ARM Mali GPU-G77 MC9 yang memiliki sembilan inti dengan kecepatan hingga 886 MHz.

Xiaomi mengeklaim chipset yang sudah mendukung konektivitas 5G ini memiliki 22 persen kinerja lebih cepat, begitu juga 25 persen lebih hemat daya dari generasi chipset Mediatek Dimensity 1000 Series lainnya.

Pada sektor memori, chipset Xiaomi 11T juga dipadukan dengan RAM LPDDR4X sebesar 8 GB, serta media penyimpanan UFS 3.1 berkapasitas 256 GB.

Sektor daya menjadi nilai jual lainnya dari Xiaomi 11T. Ponsel ini dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang mendukung teknologi pengisian cepat 67W Xiaomi HyperCharge.

Dengan teknologi tersebut, Xiaomi mengeklaim daya ponsel tersebut bisa diisi dari 0-100 persen hanya dalam waktu 36 menit melalui konektor USB tipe-C.

Pengguna pun tak perlu membeli kepala charger tambahan untuk menikmati kecepatan pengisian secepat itu. Sebab, Xiaomi sudah menyertakan aksesori tersebut di dalam kotak penjualan.

Di samping baterai, Xiaomi 11T juga dibekali dengan fitur pendukung lainnya seperti speaker ganda berteknologi Dolby Atmos untuk menghasilkan output suara berkualitas, serta NFC untuk mengecek dan mengisi saldo uang elektronik (e-money).

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/21/15300077/dari-layar-hingga-kamera-ini-fitur-unggulan-xiaomi-11t

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke