Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pelanggan Xbox Game Pass Tembus 25 Juta, Naik Drastis dari Tahun Lalu

Terhitung hingga awal tahun 2022 ini, jumlah pelanggan aktif layanan Xbox Game Pass di tahun 2022 telah mencapai angka 25 juta orang. Angka tersebut disampaikan Microsoft bersamaan dengan pengumuman proses akuisisi terhadap Activision Blizzard.

Angka tersebut meningkat hampir 40 persen dibanding jumlah pelanggan di Januari 2021 lalu. Jumlah pelanggan layanan Xbox Game Pass tercatat sebanyak 18 juta pengguna, menurut data Statista pada awal 2021.

Xbox Game Pass sendiri adalah layanan berlangganan layaknya Netflix. Bedanya, jika Netflix untuk berlangganan film, maka Xbox Game Pass adalah layanan untuk berlangganan game.

Di Xbox Game Pass ada ratusan judul game yang bisa dimainkan, dengan membayar biaya bulanan.

Menurut CEO Microsoft Gaming Phil Spencer, pihaknya akan menambah koleksi game di Xbox Game Pass dengan beragam game besutan Activision Blizzard.

"Kami akan menawarkan sebanyak mungkin game Activision Blizzard di dalam Xbox Game Pass dan PC Game Pass," ucap Spencer sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman resmi Xbox, Jumat (21/1/2022).

Activision Blizzard sendiri dikenal sebagai pengembang sekaligus penerbit di balik seri game populer seperti Diablo, Warcraft, hingga Call of Duty.

Setelah proses akuisisi selesai, Microsoft tidak hanya dapat mengeksplorasi bisnis Activision Blizzard saja, melainkan juga deretan game mobile besutan studio King seperti Candy Crush Saga serta Crash Bandicoot: On the Run!.

Dengan adanya Activision Blizzard dan King di tangan, Microsoft memiliki kesempatan yang lebih besar untuk fokus di industri mobile gaming.

Untuk mencaplok Activision Blizzard, Microsoft harus mengeluarkan dana sebesar 68,7 juta dollar AS atau sekitar Rp 986 triliun.

Sebelumnya, Microsoft juga telah mencaplok bisnis studio game Bethesda Softworks pada Maret 2021 lalu.

Berkat akuisisi ini, sejumlah seri game buatan Bethesda seperti Fallout, The Elder Scrolls, hingga Wolfenstein dan Doom juga sudah bisa dimainkan di layanan Xbox Game Pass.

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/21/16020047/pelanggan-xbox-game-pass-tembus-25-juta-naik-drastis-dari-tahun-lalu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke