Salin Artikel

Siap-siap, Sinyal 3G Telkomsel Mulai Dimatikan Tahun Ini

Tujuannya agar pelanggan dapat menikmati pengalami aktivitas digital yang lebih baik, dengan 4G LTE dibandingkan dengan layanan 3G.

Hal ini diungkapkan oleh Hendri Mulya Syam selaku Direktur Utama Telkomsel melalui sebuah keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (21/1/2022).

"Tahun ini, Telkomsel akan melakukan percepatan upgrade (peningkatan/pengalihan) layanan jaringan 3G ke 4G/LTE," kata Hendri.

Ia berharap, migrasi seluruh layanan dari jaringan 3G ke 4G ini dapat membuka peluang yang lebih luas bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia, dalam menikmati akses jaringan dengan teknologi terdepan secara setara dan merata.

Selain itu, rencana upgrade layanan 3G ke 4G Telkomsel ini juga sejalan dengan arahan pemerintah pada akhir Desember 2021 lalu, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), soal penghapusan sinyal 3G.

"Upgrade seluruh layanan 3G ke 4G/LTE ini juga menjadi bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam menghadirkan konektivitas digital dengan kualitas prima yang merata hingga pelosok negeri," kata Hendri.

Migrasi ini sedianya akan dilakukan secara bertahap pada seluruh layanan 3G di seluruh wilayah Indonesia.

Namun dalam pelaksanaannya, Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengungkapkan, percepatan upgrade ini akan diprioritaskan untuk wilayah yang sudah memiliki pemanfaatan layanan 4G/LTE yang merata dan matang.

Namun Nugroho tidak menyebutkan secara spesifik wilayah Indonesia mana saja yang menjadi target prioritas migrasi layanan 3G ke 4G LTE.

Ia hanya menyebutkan, pelanggan Telkomsel di sektor ritel (B2C) bakal dapat menikmati pengalaman aktivitas digital yang lebih baik, dengan menggunakan layanan 4G/LTE, ketimbang dengan layanan 3G.

Pengalaman digital yang dimaksud Nugroho meliputi streaming video dan music digital, video conference, bermain game online, hingga layanan VoLTE. Dengan jaringan 4G LTE, kata Nugroho, pelanggan akan mendapatkan pengalaman yang berbeda ketika menikmati layanan voice dan broadband secara bersamaan.

Telkomsel mengatakan bahwa migrasi jaringan ini telah melalui tahap pengkajian, perencanaan, serta persiapan yang matang. Untuk memastikan proses upgrade jaringan 3G ke 4G LTE di seluruh Indonesia dapat berjalan dengan baik, Telkomsel mengaku sudah menyiapkan beberapa rencana.

"Mulai dari persiapan teknis, sosialisasi kepada pelanggan, hingga tahapan mitigasi dengan optimal. Termasuk prioritas meminimalisir potensi gangguan," kata Nugroho.

Untuk itu, Telkomsel mengajak pelanggan yang masih menggunakan layanan 3G untuk segera beralih ke layanan 4G LTE.

Untuk memudahkan pelanggan, Telkomsel menyediakan beberapa pilihan saluran, baik secara online maupun offline, untuk melakukan upgrade kartu SIM non-4G ke uSIM 4G Telkomsel.

Pada saluran online, pelanggan dapat mengakses akun resmi Telkomsel di Facebook dan Twitter, layanan Virtual Assistant Telkomsel, atau marketplace rekanan Telkomsel untuk mendapatkan pelayanan upgrade ke uSIM 4G.

Pelanggan juga dapat langsung mengunjungi gerai GraPARI atau layanan MyGraPARI terdekat untuk melakukan upgrade ke uSIM 4G secara offline.

Sebelum itu, pelanggan yang ingin melakukan migrasi ke uSIM 4G juga disarankan untuk melakukan pengecekan terhadap ketersediaan jaringan 4G di wilayahnya dan dukungan 4G pada perangkat yang digunakan.

Pengecekan dapat dilakukan dengan mudah melalui USSD Menu Browser (UMB) di *888*47#. Informasi lebih lanjut mengenai program Tukar Kartu ke 4G bisa diakses di URL tsel.me/tukarkartu4g.

Dengan upgrade ke uSIM 4G, pelanggan akan mendapatkan benefit seperti langsung terhubung dengan sinyal 4G LTE Telkomsel dan tidak akan terdampak bila sinyal 3G benar-benar dimatikan.

Selain itu, Telkomsel juga menyediakan benefit tambahan kuota 4G hingga 30 GB untuk pelanggan yang telah melakukan penukaran kartu non 4G ke kartu 4G (uSIM).

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/21/16320017/siap-siap-sinyal-3g-telkomsel-mulai-dimatikan-tahun-ini

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.