Salin Artikel

Update WhatsApp di iPhone Bisa Sembunyikan dan Sortir Notifikasi

Ada sejumlah fitur baru yang digulirkan WhatsApp dalam pembaruan ini. Salah satunya adalah dukungan pada Focus Mode, fitur bawaan dari pembaruan sistem operasi iOS 15 yang sudah dirilis mulai September 2021 lalu.

Karena sudah mendukung Focus Mode, WhatsApp versi 22.2.75 sekarang disetting agar notifikasi WhatsApp tidak muncul di layar ponsel, ketika sedang dalam mode "Focus".

Pengembang iOS 15, Apple menyediakan empat jenis profil focus mode bawaan di dalam fitur yang disebut "Focus Up", yaitu Do Not Disturb (DND), Personal, Work, dan Sleep. Namun, pengguna juga bisa menambahkan profil focus mode sesuai kebutuhannya.

Dengan menggunakan Focus Up, pengguna dapat menyortir notifikasi yang masuk, seperti panggilan telepon, SMS, e-mail, notifikasi WhatsApp, dan lainnya, berdasarkan profil Focus yang sedang diaktifkan.

Notifikasi hasil penyortiran tadi akan disembunyikan dari layar, saat pengguna iPhone mengaktifkan mode Focus Mode.

Pengguna dapat terlebih dahulu mengatur beragam jenis notifikasi yang dapat ditampilkan atau disembunyikan pada setiap profil Focus.

Jika Focus Mode "Personal" dan "Sleep" diaktifkan, maka pengguna iPhone tidak akan lagi menerima notifikasi dari aplikasi WhatsApp, termasuk pesan dan telepon masuk.

Dengan begitu, sesuai namanya, ketika dalam mode Focus, pengguna bisa fokus melakukan aktivitasnya. Misalnya dalam kasus ini, pengguna bisa fokus melakukan kegiatan pribadi dan tidak diganggu dengan urusan pekerjaan.

Bila pengguna mengaktifkan focus mode, maka fitur ini akan secara otomatis diterapkan untuk perangkat iPad atau Apple Watch yang terhubung dengan iPhone pengguna.

Fitur ini dilaporkan bakal segera digulirkan ke pengguna iPhone dalam beberapa waktu ke depan. Agar bisa menyembunyikan notifikasi WhatsApp dengan focus mode, pengguna harus sudah melakukan pembaruan ke iOS versi terkini dari Apple.

Fitur baru untuk perekaman voice note

Fitur baru lain yang digulirkan pada WhatsApp versi 22.2.75 di iPhone berbasis iOS 15 adalah kemampuan baru dalam merekam pesan suara alias voice note.

Dengan pembaruan ini, saat merekam voice note, pengguna bisa menjeda proses perekaman, kemudian melanjutkan perekaman voice note sesuka hati pengguna. Hal ini dimungkinkan karena WhatsApp menyertakan tombol baru, yaitu "resume" untuk melanjutkan perekaman pesan suara.

Sebelum adanya tombol baru ini, pengguna tidak bisa melanjutkan proses perekaman voice note yang sudah dijeda dengan tombol "pause". Sebab hanya ada opsi tombol "stop" untuk menghentikan perekaman.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Rabu (26/1/2022), fitur baru voice note ini sudah mulai digulirkan secara bertahap ke pengguna iOS, dimulai dari pengguna yang berbasis di Amerika Serikat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/26/08320007/update-whatsapp-di-iphone-bisa-sembunyikan-dan-sortir-notifikasi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.