Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Twitter Uji Coba Tweet yang Hanya Bisa Dilihat 150 Orang

Twitter Flock memungkinkan pengguna membuat daftar kontak berisi teman-teman terpilih. Daftar tersebut berisi orang-orang terpilih yang bisa melihat posting yang dibagikan di Twitter Flock.

Kehadiran fitur Twitter Flock sejatinya telah terendus sejak Juli 2021 lalu. Sebelumnya, fitur ini dikenal dengan nama "Trusted Friends"

Dalam beberapa waktu terakhir, Twitter kembali ketahuan mengerjakan Twitter Flock. Sebuah bocoran terbaru mengungkap detail informasi mengenai fitur baru ini.

Bocoran tersebut dibagikan oleh ahli reverse engineer, Alessandro Paluzzi yang sering mengungkap bakal fitur baru media sosial.

Selain itu, tweet yang dibagikan hanya bisa dilihat dan dibalas oleh teman yang sebelumnya ditambahkan ke dalam daftar teman dekat. Alhasil, pengguna bisa membagikan tweet kepada orang-orang tertentu saja.

Terakhir, Twitter Flock tidak akan memberikan notifikasi kepada teman yang didepak dari Twitter Flock, sehingga dapat memberikan keleluasaan akses bagi pengguna.

Sebaliknya, pengguna yang masuk ke dalam daftar teman dekat tersebut justru akan menerima notifikasi apabila seseorang mengunggah tweet di Twitter Flock.

Notifikasi tersebut ditujukan untuk membedakan antara tweet yang diunggah secara publik atau secara khusus di Twitter Flock.

Adapun notifikasi yang dimaksud akan berbunyi: "Anda dapat melihat Tweet ini karena pengguna telah menambahkan Anda ke Flock mereka".

Sebelum meng-upload sebuah tweet, pengguna bisa memilih apakah ingin membagikan tweet tersebut ke semua audiens atau ke orang tertentu yang terdapat di daftar teman terdekat Twitter Flock.

Meluncur sebentar lagi?

Masih belum diketahui secara pasti kapan fitur ini akan dirilis secara umum untuk semua pengguna Twitter.

Namun, Twitter Flock nampaknya akan menyambangi media sosial berlogo biru tersebut dalam waktu dekat. Indikasi ini berasal dari sebuah pernyataan yang disampaikan oleh Tatiana Britt selaku juru bicara Twitter.

"Twitter selalu mencari cara baru untuk membantu orang terlibat dalam percakapan yang sehat, dan kami saat ini sedang mencari cara untuk membuat orang berbagi hal secara lebih pribadi,” kata Britt dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (26/1/2022).

Britt juga mengatakan bahwa Twitter Flock hanya sekadar sebuah nama pengganti, sehingga Twitter bisa saja mengusung nama baru saat fitur teman dekat tersebut dirilis secara resmi.

"Saat ini kami tidak memiliki informasi lebih lanjut untuk dibagikan terkait fitur tersebut, tetapi kami dapat mengonfirmasi bahwa 'Twitter Flock' hanyalah nama pengganti," tutup Britt.

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/26/14010077/twitter-uji-coba-tweet-yang-hanya-bisa-dilihat-150-orang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke