Salin Artikel

iOS 15.3 Tambal Celah Berbahaya, Pengguna iPhone Wajib Update

Pengguna pun disarankan untuk segera memperbarui perangkatnya masing-masing ke versi iOS tersebut. Pasalnya, update ini juga memperbaiki celah keamanan yang belakangan ini ramai diperbincangkan beberapa pekan lalu.

Celah keamanan tersebut ditemukan di aplikasi browser Safari. Celah dapat membocorkan berbagai data yang disimpan di dalamnya, seperti kegiatan browsing, data akun Google yang dimasukkan ke website yang dikunjungi, dan lain sebagainya.

Celah ini ditemukan oleh peneliti keamanan siber FingerprintJS. Dalam sebuah laporan, ia mengeklaim bahwa berbagai website yang dikunjungi melalui Safari bisa mengeksploitasi celah keamanan di sistem bernama "IndexedDB".

Sederhananya, seperti yang disebutkan tadi, sistem yang ada di dalam browser Safari ini bertugas untuk menyimpan berbagai riwayat penelusuran dan data Google yang dimasukkan ke dalam website yang dikunjungi.

Karena berhubungan dengan kegiatan browsing pengguna dan data yang tersimpan, ada baiknya pengguna segera memperbarui iPhone mereka ke versi iOS 15.3, apabila sudah tersedia.

Cara update ke iOS 15.3 dan iPadOS 15.3

Untuk mengecek dan melakukan pembaruan iOS 15.3, pengguna iPhone yang mendukung pembaruan OS tersebut (iPhone 6s ke atas) bisa langsung mengunjungi laman pengaturan (Settings), lalu pilih menu "General" dan "Software Update".

Selain iOS 15.3, Apple juga turut merilis pembaruan iPadOS 15.3 untuk perangkat iPad yang mendukung (iPad Pro, iPad Air 2 ke atas, iPad 5 ke atas, iPad 4 mini ke atas, iPod touch generasi ke-7 ke atas), serta watchOS 8.4 untuk berbagai arloji pintar (smartwatch) Apple (Apple Watch Series 3 ke atas).

Pembaruan iPadOS 15.3 di iPad bisa dilakukan dengan cara yang sama seperti iPhone, sedangkan pembaruan watchOS 8.4 di Apple Watch bisa dilakukan melalui menu pengaturan atau aplikasi Apple Watch di iPhone pengguna.

Sama seperti iOS 15.3, pembaruan iPadOS 15.3 dan watchOS 8.4 ini hadir untuk memperbaiki bug yang ada serta meningkatkan performa perangkat, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Mac, Kamis (27/1/2022).

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/27/12070037/ios-15.3-tambal-celah-berbahaya-pengguna-iphone-wajib-update

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.