Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kulkas Pintar Samsung dengan Layar Sentuh Resmi di Indonesia, Harga Rp 30 Juta

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan secara global beberapa waktu lalu, Samsung akhirnya resmi memboyong kulkas dua pintu side-by-side terbarunya yang bernama Samsung Family Hub ke Indonesia.

Berbeda dengan kulkas lainnya, Samsung Family Hub dibekali dengan layar sentuh (touchscreen) terintegrasi yang disematkan di bagian sisi pintu kanan kulkas. Layar ini bisa dioperasikan layaknya sebuah tablet atau smartphone.

President Samsung Electronics Indonesia, Simon Lee mengatakan bahwa kulkas ini dihadirkan untuk mempererat hubungan dan interaksi keluarga dari ruangan yang menurutnya sangat penting dalam sebuah rumah, yaitu dapur.

"Seperti namanya, Family Hub hadir untuk membuat anggota keluarga saling terhubung satu sama lain, dan tetap berkomunikasi dengan mudah dari dapur," kata Simon dalam sebuah acara peluncuran yang ditayangkan secara online, Kamis (27/1/2022). 

"Kehadiran Family Hub menandakan awal era dari kulkas side-by-side Samsung yang bisa memperluas fungsinya dengan memberikan pengalaman interaksi sosial ekstra di rumah," imbuh Simon.

Seperti telah disebutkan di atas, kulkas dengan kapasitas bersih hingga 628 liter ini dibekali dengan layar yang bisa dioperasikan seperti smartphone. Layar tersebut menjalankan sistem operasi Tizen.

Layar tersebut bisa dipakai untuk menampilkan berbagai informasi penting seperti memo atau sticky notes, informasi tanggal dan waktu, foto keluarga, hingga jadwal kegiatan sehari-hari dari seluruh anggota keluarga melalui fitur Family Board.

Untuk menampilkan jadwal sendiri, pengguna perlu menyambungkan smartphone mereka dengan Family Hub melalui aplikasi SmartThings yang bisa diunduh di toko aplikasi Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Setelah itu, barulah mereka bisa melakukan sinkronisasi antara kedua perangkat tersebut, supaya jadwal-jadwal ini bisa dilihat di layar kulkas.

Selain menampilkan jadwal, layar kulkas ini juga bisa menjawab panggilan masuk dari smartphone yang sudah dihubungkan dengan kulkas melalui aplikasi SmartThings tadi.

Karena terhubung dengan SmartThings, layar kulkas juga bisa dioperasikan sebagai hub untuk mengontrol berbagai perangkat lainnya yang terhubung dengan aplikasi tersebut, seperti Smart TV, AC, Air Purifier, dan lain sebagainya.

Punya kamera dan speaker

Selain layar, kulkas Samsung Family Hub juga dibekali dengan sebuah kamera yang disematkan di dalam kulkas, serta speaker yang terletak di bagian bawah layar.

Kamera tersebut bisa digunakan melalui mode View Inside, memungkinkan pengguna melihat isi dalam kulkas tanpa harus membukanya.

Meski demikian, kamera ini tersemat di bagian tengah, tepatnya di dalam kulkas di pintu sisi kanan saja, sehingga area yang bisa dipantau cukup terbatas.

Sementara itu, speaker yang tersemat di kulkas ini bisa digunakan untuk menghasilkan suara dari berbagai aplikasi yang bisa dijalankan di kulkas, seperti YouTube untuk menonton video, Spotify untuk mendengarkan lagu, dan lain sebagainya.

Kulkas ini juga dibekali dengan mikrofon dan mampu menerima perintah suara yang bakal dilayani oleh asisten digital buatan Samsung, Bixby.

"Saat ini Samsung Family Hub hanya mendukung Bixby, Google Assistant belum bisa," ujar Head of Home Appliances Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, Malvin Rubianto dalam kesempatan yang sama.

Di samping itu semua, Samsung Family Hub juga hadir dengan fitur Cooking Management dan Smart Recipe untuk menampilkan resep-resep makanan yang direkomendasikan, serta Meal Planner untuk merencanakan makanan apa yang bakal dibuat dalam beberapa waktu ke depan.

Untuk pasar Indonesia, kulkas side-by-side Samsung Family Hub hanya tersedia dalam varian warna hitam dan bisa langsung dibeli konsumen dengan harga Rp 30 juta.
 
"Per 27 Januari 2022 ini, kulkas Samsung Family Hub sudah dijual dan bisa dibeli di semua kanal penjualan Samsung, baik itu offline maupun online," pungkas Melvin.

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/27/14162817/kulkas-pintar-samsung-dengan-layar-sentuh-resmi-di-indonesia-harga-rp-30-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke