Salin Artikel

Gadget Tangguh Samsung Galaxy XCover 5 dan Tab Active3 Resmi di Indonesia

KOMPAS.com - Samsung resmi menghadirkan dua gadget tangguh, ponsel Galaxy XCover 5 dan tablet Samsung Galaxy Tab Active3 untuk pasar Indonesia.

Sebagai gadget tangguh, kedua perangkat didesain memiliki ketahanan tinggi untuk aktivitas lapangan berbagai industri, seperti pekerja tambang dan lainnya.

Daya tahan tinggi Galaxy XCover 5 dan Galaxy Tab Active3 dibuktikan melalui sertifikasi MIL-STD-810H, yang menunjukkan bahwa perangkat ini lolos uji ketangguhan lingkungan kerja yang ekstrem, dan tahan benturan hingga ketinggian 1,5 meter.

"Kedua perangkat ini mudah dikonfigurasi sesuai kebutuhan masing-masing industri, memastikan bisnis terus produktif dan kompetitif di medan sekeras apa pun,” jelas Lukman Basuki, Mobile Experience B2B Business Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (31/1/2022).

Selain itu, keduanya juga dibekali sertifikasi IP68 yang membuat perangkat tahan dari debu, pasir maupun air, ketika terendam di kedalaman hingga satu meter selama 30 menit.

Tak hanya itu, Samsung juga menyematkan dukungan Touch Sensitivity yang membuat layar Galaxy XCover 5 dan Galaxy Tab Active3 tetap dapat dioperasikan, meskipun pengguna memakai sarung tangan.

Ada pula dukungan Wet Touch yang membuat layar ponsel tetap dapat dioperasikan meskipun basah, misalnya di bawah hujan gerimis.

Spesifikasi Galaxy XCover 5

Galaxy XCover 5 mengusung layar 5,3 inci dengan bodi yang cukup ramping, yakni lebar 71,6 mm dan tebal 9,22 mm.

Dapur pacu ponsel ini ditopang oleh chipset Exynos 850, dipasangkan dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB.

Baterainya berkapasitas 3.000 mAh, yang bisa dilepas-pasang, sehingga memudahkan pengguna untuk memakai baterai cadangan.

Pengisian ulang baterai dapat dilakukan menggunakan USB tipe-C dengan dukungan pengisian cepat (fast charging) 15W.

Samsung Galaxy XCover 5 juga dibekali dengan XCover Key, yaitu fitur terkustomisasi yang menawarkan akses sekali sentuh ke aplikasi yang paling sering digunakan.

Untuk menggunakannya, pengguna cukup menekan atau menahan tombol tersebut untuk membuka aplikasi ataupun menjalankan fungsi yang sering digunakan.

XCover Key misalnya dapat digunakan untuk pekerja ticketing, dengan mengaturnya untuk membuka aplikasi scanner barcode. Tombol XCover Key juga dapat dipakai sebagai walkie-talkie saat solusi push-to-talk terpasang.

Galaxy XCover 5 mendapatkan dukungan Security Maintenance Release secara rutin selama 5 tahun. Update sistem operasi ini disebut Samsung penting untuk melindungi bisnis dari segala ancaman keamanan teknologi perangkat seluler.

Spesifikasi Galaxy Tab Active3

Sementara itu, tablet Galaxy Tab Active3 mengusung layar 8 inci. Kinerjanya disokong oleh chipset Exynos 9810, dipasangkan dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 128 GB, yang dapat diperluas dengan microSD kapasitas hingga 1 TB.

Baterai Galaxy Tab Active3 berkapasitas 5050 mAh disertai dukungan fast charging 15 W. Pengisian ulang baterai dapat dilakukan pengguna menggunakan USB 3.1 Gen 1. Serupa dengan XCover 5, baterai tablet ini juga dapat dilepas pasang.

Bagi bisnis yang menggunakan tablet di tempat yang permanen seperti di kios, Samsung Galaxy Tab Active3 dilengkapi “No Battery Mode” yang memungkinkannya untuk dipakai tanpa baterai, cukup disambungkan dengan kabel daya.

Samsung juga melengkapi tablet ini dengan kamera belakang 13 MP dan kamera depan 5 MP untuk menunjang komunikasi atau fotografi di lapangan.

Fitur lain pada Samsung Galaxy Tab Active3 adalah konektivitas WiFi 6, serta mendukung Samsung DeX yang memungkinkan pengguna mendapatkan pengalaman seperti menggunakan PC.

Dengan Samsung DeX, pekerja lapangan dapat menggunakan tablet untuk mengerjakan dokumen pekerjaan tanpa laptop atau desktop. Galaxy Tab Active3 juga dapat dihubungkan ke monitor eksternal, keyboard, dan mouse ketika diperlukan.

Tak hanya itu, Galaxy Tab Active3 mendukung Google ARCore yang memungkinkan bisnis menerapkan teknologi augmented reality (AR), misalnya untuk pelatihan jarak jauh. Ada pula dukungan Active Key seperti Galaxy XCover 5, NFT, pemindai barcode, serta S Pen bersertifikasi IP68.

Untuk keamanannya, Samsung membekali tablet ini dengan pemindai sidik jari yang menyatu pada tombol Home.

Samsung juga menyediakan jaminan dukungan upgrade sampai tiga generasi OS Android untuk Samsung Galaxy XCover 5 dan Galaxy Tab Active3.

Kedua perangkat ini disebut sudah dilengkapi update keamanan Android secara berkala serta proteksi dari Samsung Knox.

Harga dan Ketersediaan

Ponsel tangguh Samsung Galaxy XCover 5 tersedia untuk organisasi bisnis di Indonesia dengan banderol harga Rp 3.999.000.

Sementara Galaxy Tab Active3 dibanderol harga Rp 6.999.000. Keduanya sudah tersedia di pasar Indonesia per akhir Januari 2022.

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/31/15550167/gadget-tangguh-samsung-galaxy-xcover-5-dan-tab-active3-resmi-di-indonesia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.