Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Update iOS 15.3 pada iPhone dan iPad via OTA dan iTunes

KOMPAS.com - Apple baru saja mengeluarkan pembaruan versi sistem operasi iPhone dengan meluncurkan iOS 15.3.

Pembaruan ini membawa beberapa perbaikan, khususnya pada sistem dukungan keamanan perangkat lunak.

Beberapa waktu lalu ramai diperbincangkan soal celah keamanan pada aplikasi browser Safari versi 15.0, yang berpotensi menyebabkan kebocoran berbagai data pribadi, seperti data kegiatan browsing, data akun Google pada situs web yang dikunjungi, dan sebagainya.

Dengan adanya celah keamanan itu, semua pengguna disarankan untuk segera melakukan pembaruan atau update iOS 15.3 pada iPhone.

Cara update iOS 15.3 bisa ditempuh lewat metode unduh dan instal data pembaruan sistem operasi langsung di ponsel menggunakan internet atau yang dikenal dengan metode over the air (OTA).

Selain itu, update iOS juga bisa dilakukan dengan menghubungkan iPhone ke iTunes.

iTunes sendiri merupakan platform milik Apple yang berfungsi untuk menyambungkan iPhone ke dekstop (laptop atau komputer). Selengkapnya, simak cara update iOS 15.3 pada iPhone via OTA dan iTunes berikut ini:

Update iOS 15.3 ini membantu mengatasi masalah celah keamanan iPhone atau iPad, yang ditemukan peneliti keamanan siber FingerprintJS pada sistem API bernama "IndexedDB" di browser Safari versi 15.

Sementara itu, update iPadOS 15.3 untuk memperbarui sistem operasi perangkat iPad caranya mirip dengan yang di atas.

Cara update iPadOS 15.3 juga bisa dilakukan via OTA dan iTunes dengan tahapan sama seperti update iOS 15.3.

Apabila ingin update iPadOS 15.3 via OTA, Anda harus mengaksesnya lewat opsi "Pembaruan Perangkat Lunak" yang ada pada opsi "Umum" dalam menu "Pengaturan". Kemudian, klik opsi "Unduh dan Instal".

Begitu pun dengan update iPadOS 15.3 via iTunes, Anda juga harus menyambungkan dulu iPad ke dekstop yang memiliki aplikasi iTunes. Setelah proses sinkronisasi selesai, Anda diminta untuk mengunduh data pembaruan sistem operasi di iTunes.

Lalu, iTunes bakal meminta Anda untuk menginstal data tersebut ke iPad. Demikian cara update iOS 15.3 pada iPhone atau iPad via OTA dan iTunes, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/02/06/18105587/cara-update-ios-153-pada-iphone-dan-ipad-via-ota-dan-itunes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke