Salin Artikel

Foto atau Video IG Story Jadi Gepeng? Begini Cara Mengatasinya

KOMPAS.com - Pernah mengunggah foto atau video ke Instagram Stories tapi hasilnya jadi gepeng atau terpotong? tenang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Instagram Stories atau yang kerap disebut dengan IG Story merupakan fitur yang memungkinkan pengguna bisa berbagi cerita, yang pernah atau sedang dialami lewat unggahan foto atau video.

Story IG bisa dibuat langsung lewat fitur kamera yang ada di aplikasi Instagram. Selain itu, pengguna juga bisa mengunggah foto dan video yang ada di galeri ponsel untuk dijadikan Story IG.

Terkadang foto dan video dari galeri ponsel yang diunggah ke Story IG, bisa jadi tampak tidak sesuai dengan tampilan aslinya. Saat foto atau video itu tayang di IG Story, tampilannya bisa berubah jadi lebih lonjong, terpotong, atau gepeng.

IG Story memiliki standar ukuran atau rasio foto dan video, apabila pengguna membuatnya dengan tidak mengikuti standar ini maka tampilan konten bakal disesuaikan otomatis.

Penyesuaian otomatis pada konten tersebut yang menyebabkan Story IG jadi gepeng, lonjong, atau terpotong. Apabila Anda mengalami persoalan tersebut, simak cara mengatasi Story IG jadi gepeng berikut ini:

Atur rasio kamera jadi 16:9

Dikutip Kompastekno dari laman resmi bantuan Instagram, standar rasio foto atau video di Story IG adalah 16:9. Jadi sebelum membuat konten Story IG lewat kamera ponsel, baiknya Anda melakukan pengaturan rasio foto atau video dulu.

Cara mengatur rasio kamera bakal beda-beda tiap ponsel. Biasanya pengaturan rasio kamera bisa ditemukan dengan cepat di tab menu yang ada pada aplikasi kamera ponsel saat ini. Pilih rasio 16:9 saat akan membuat konten untuk IG Story.

Edit ukuran foto atau video di Instagram

Cara mengatasi Story IG jadi gepeng yang berikutnya adalah dengan edit foto atau video dulu di Instagram. Seperti dikatakan di awal, Story IG bisa bersumber dari galeri foto yang ada di ponsel.

Foto atau video itu bisa ditinjau dulu untuk diedit ukurannya di aplikasi instagram sesaat sebelum terunggah jadi IG Story. Dalam mode tinjauan ini, Anda bisa memperbesar atau memperkecil foto dan video agar sesuai dengan standar rasio Story IG.

Selesai mengedit di mode tinjauan, Anda bisa menggungah foto atau video jadi konten Story IG, tanpa takut berubah jadi lebih lonjong, gepeng, atau terpotong.

Menggunakan stiker foto

Apabila dengan cara di atas hasilnya belum memuaskan, atau malah justru lebih bagus tampilan foto dengan rasio aslinya, Anda bisa menggunakan fitur stiker foto untuk ditempelkan pada konten Story IG.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk menempelkan foto yang bersumber dari galeri ponsel dengan rasio aslinya pada konten IG Story. Fitur stiker foto, seperti namanya, tidak bisa digunakan untuk menempelkan video.

Cara membuat stiker foto ini cukup mudah. Anda hanya perlu klik opsi menambahkan Story IG lalu buat konten bebas dulu buat tempat menempelkan stiker. Setelah itu, klik opsi "Sticker" yang berada di atas layar pembuatan Story IG.

Kemudian, pilih stiker dengan ikon berbentuk foto. Selanjutnya bakal muncul jendela baru yang memuat galeri foto ponsel. Terakhir, pilih foto yang ingin dibuat stiker pada konten Story IG. Foto tersebut bakal nongol di konten yang telah dibuat tadi, tanpa harus diedit rasionya.

Gunakan kamera di aplikasi Instagram

Cara mengatasi Story IG jadi gepeng yang paling mudah adalah dengan membuat konten lewat aplikasi kamera yang ada di aplikasi Instagram. Saat hendak membuat konten Story IG, kamera aplikasi Instagram otomatis bakal terbuka.

Anda bisa menggunakan kamera itu untuk membuat langsung konten Story IG. Rasio foto atau video sudah pasti mengikuti standar dari aplikasi Instagram. Jadi, Anda tidak perlu repot mengatur rasio foto atau video agar sesui dengan standar IG Story.

Jika Story IG tetap berbentuk gepeng dan lonjong, padahal telah membuat konten dengan kamera di aplikasi Instagram, kemungkinan besar kamera tersebut mengalami masalah atau eror.

Kamera instagram error itu bisa diakibatkan oleh bug atau gangguan pada sistem perangkat lunak aplikasi. Dikutip dari laman resmi bantuan Instagram, pengguna bisa mencoba untuk memuat ulang aplikasi apabila menjumpai persoalan kamera Instagram error.

Caranya, tutup penuh aplikasi Instagram termasuk yang ada di background ponsel. Kemudian, buka kembali aplikasi Instagram dan coba gunakan fitur kamera yang ada di dalamnya.

Jika kamera instagram masih bermasalah, Anda bisa menginstal ulang aplikasi Instagram. Caranya hapus Instagram dari ponsel, lalu unduh dan instal lagi aplikasi itu.

Selain itu, Anda juga bisa untuk memuat ulang ponsel Anda, dengan cara mematikan daya sesuai dengan panduan di tiap ponsel, lalu hidupkan lagi.

Cara memuat ulang dan instal ulang di atas berguna untuk menyegarkan sistem pada aplikasi dan perangkat yang mungkin sebelumnya terdapat bug, sehingga membuat kamera instagram error.

Demikian cara mengatasi permasalahan foto atau video Story IG jadi gepeng, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/02/07/13150087/foto-atau-video-ig-story-jadi-gepeng-begini-cara-mengatasinya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.