Salin Artikel

Pesawat Jet "Twin Engine" Terbesar di Dunia Tiba di Singapura

Ini akan menjadi debut B777X di kawasan Asia. Boeing 777X merupakan pesawat jet widebody (lorong ganda) dua mesin (twin engine) terbesar saat ini. Salah satu fitur dari pesawat ini adalah ujung sayap yang bisa ditekuk (folding wingtip).

Pesawat tersebut sudah tiba di Singapura pada Senin (7/2/2022), dalam penerbangan langsung 16 jam dari markas Boeing di Moses Lake, Washington, AS.

Rencananya B777X yang masih dalam tahap uji sertifikasi ini akan unjuk kemampuan lewat flying display selama empat hari penyelenggaraan Singapore Airshow 2022.

Adapun pertunjukan demonstrasi udara ini bisa ditonton langsung di Facebook resmi Singapore Airshow.

Bentang sayap B777X bisa mencapai 71 meter, lebih panjang 6 meter dibanding versi B777 klasik saat ini. Sayap B777X juga bisa dilipat ujungnya untuk memudahkan manuver pesawat saat di bandara.

Meski sayap B777X berbahan komposit layaknya B787, namun bodinya tetap menggunakan bahan aluminum. Model B777X bisa menampung 350 hingga 400 kursi, dengan desain interior yang mirip dengan B787 Dreamliner.

B777X akan ditenagai oleh dua mesin turbofan GE9X buatan General Electrics (GE) yang diklaim lebih senyap.

Mesin GE9X ini juga diklaim sebagai yang paling efisien di dunia, menghasilkan penggunaan bahan bakar, emisi dan biaya operasional yang lebih hemat 10 persen dibanding kompetitor.

Pesawat Boeing lain di SAS

Selain menampilkan B777X, Boeing juga akan memamerkan pesawat tempur F-15, P-8 Poseidon, pesawat latih T-7A, serta sistem tanpa kru Boeing pertama, Boeing Airpower Teaming System, yang akan dikembangkan di Australia.

"Singapore Airshow memberi kami kesempatan bertemu dengan pelanggan, pejabat pemerintah, mitra, pemasok, media, dan pemangku kepentingan lainnya dari kawasan ini," ujar Alex Feldman, presiden Boeing Southeast Asia.

"Kami akan menyoroti investasi dan komitmen kami pada teknologi, inovasi dan keberlanjutan, membangun fondasi untuk pertumbuhan jangka panjang industri kedirgantaraan," lanjut Feldman dikutip KompasTekno dari situs resmi Boeing, Selasa (8/2/2022).

Selain itu, di SAS 2022, Boeing juga akan menyoroti ekosistem layanan digitalnya, termasuk operasi penerbangan terintegrasi, rantai pasokan berbasis data, e-commerce, pemeliharaan prediktif, MRO yang diaktifkan secara digital, dan pelatihan berbasis kompetensi untuk pelanggan komersial dan pertahanan.

Boeing juga akan fokus pada langkah-langkah untuk memberikan sistem transportasi udara yang lebih aman, lebih efisien dan berkelanjutan untuk masa depan dengan penekanan pada Confident Travel Initiative, untuk memberikan penumpang dan awak pengalaman perjalanan yang aman, sehat dan efisien.

https://tekno.kompas.com/read/2022/02/08/12310087/pesawat-jet-twin-engine-terbesar-di-dunia-tiba-di-singapura

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.