Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dua Cara Menambah Saldo Shopee PayLater

KOMPAS.com - Shopee PayLater atau disingkat SPayLater merupakan salah satu layanan pembayaran yang disediakan oleh platform marketplace Shopee. SPayLater memungkinkan pengguna untuk membeli barang dengan dana yang dipinjamkan dulu oleh Shopee.

Setelah membeli barang menggunakan SPayLater, pengguna bakal mendapat tagihan yang harus dibayarkan ke Shopee sejumlah saldo yang dipinjam. Pembayaran tagihan tersebut bisa dilakukan secara kontan pada bulan berikutnya.

Atau, dibayarkan lewat metode cicilan per bulan dengan termin yang bisa dipilih antara tiga bulan, enam bulan, atau 12 bulan. Tiap pengguna Shopee memiliki jumlah saldo SPayLater yang berbeda-beda.

Saldo atau limit pinjaman SPayLater pada satu akun Shopee bisa mencapai puluhan juta. Namun, pengguna sebenarnya tidak bisa meminta Shopee untuk menaikkan jumlah saldo tersebut.

Shopee bakal menaikkan saldo SPayLater secara otomatis dengan melihat performa pengguna dalam bertransaksi.

Berdasarkan pantauan KompasTekno di layanan SPayLater, Shopee menyatakan belum memiliki mekanisme khusus bagi pengguna untuk menaikkan saldo SPayLater.

Jadi untuk saat ini, pengguna belum bisa mengajukan permohonan untuk menaikkan saldo SPayLater. Meski demikian, Shopee menyebutkan ada dua cara menambah saldo SPayLater yang bisa dilakukan pengguna.

Pertama, cara menaikkan limit SPayLater adalah dengan meningkatkan penggunaan SPayLater saat belanja barang di Shopee. Jumlah transaksi menggunakan SPayLater bakal direkam oleh Shopee dan menjadi pertimbangan untuk menambah saldo SPayLater di akun Anda.

KompasTekno sempat menjajal SPayLater dalam beberapa bulan, saldo yang diberikan Shopee awalnya hanya sebesar Rp 750.000. Kemudian, dengan meningkatkan belanja menggunakan SPayLater, saldo yang bisa dipinjam kini bisa menyentuh Rp 9 juta.

Kenaikan saldo SPayLater itu juga berjalan otomatis tanpa harus repot-repot mengajukan permohonan ke Shopee.

Yang kedua, menambah saldo SPayLater bisa dilakukan pengguna dengan selalu membayar tagihan secara tepat waktu. Keterlambatan pembayaran tagihan SPayLater bisa menyebabkan pengguna bakal dikenakan sanksi.

Pengguna yang terlambat membayar tagihan SPayLater harus membayar denda sebesar 5 persen dari total tagihan. Apabila pembayarannya terlambat, secara berangsung-angsur Shopee bakal membatasi beberapa fungsi di aplikasi, termasuk SPayLater.

Jadi, bila Anda ingin mendapat tambahan saldo SPayLater, pastikan Anda tidak memiliki catatan keterlambatan pembayaran tagihan. Shopee bakal menaikkan jumlah saldo SPayLater pada setiap jenisnya.

Saldo/limit pinjaman Shopee PayLater

Setidaknya ada tiga jenis saldo atau limit pinjaman dari total saldo yang ada di SPayLater , yaitu Limit Permanen, Limit Sementara, dan Limit Cicilan.

  1. Limit Permanen

    Limit Permanen merupakan jenis saldo SPayLater yang bersifat tetap dan bisa dipinjam untuk pembelian barang dengan metode pembayaran cicilan dan pembayaran yang langsung dilunasi pada bulan berikutnya atau “Beli Sekarang, Bayar Nanti”.

  2. Limit Sementara

    Limit Sementara merupakan jenis saldo SPayLater yang berlaku dalam jangka waktu tertentu dan hanya diberikan Shopee pada pengguna terpilih. Begitu pula dengan Limit Cicilan, yang juga hanya diberikan pada pengguna terpilih

  3. Limit Cicilan

    Limit Cicilan hanya bisa digunakan untuk pembelian barang dengan metode pembayaran cicilan. Jumlah dari jenis saldo ini bisa digabungkan dengan Limit Permanen saat pengguna membeli barang dengan metode pembayaran cicilan.

Dengan mengikuti dua cara di atas, Anda berkesempatan untuk menaikkan jumlah saldo SPayLater pada tiga jenis limit tersebut secara otomatis. Selain mendapatkan jumlah saldo yang otomatis, aktivasi SPayLater sebenarnya juga tidak bisa dilakukan secara manual.

Aktivasi layanan SPayLater bakal ditawarkan otomatis oleh Shopee dengan melihat intensitas belanja pengguna di platform. Setelah ada notifikasi aktiviasi SPayLater, pengguna harus melengkapi data diri dan verifikasi wajah dulu.

Setelah semua data diterima dan dinyatakan valid, menu layanan SPayLater bakal muncul otomatis pada tab “Saya” di aplikasi Shopee, dengan informasi saldo yang bisa dipinjam pengguna.

Jadi intinya, pengaturan SPayLater, termasuk menaikkan jumlah saldonya, bergantung pada seberapa tinggi intensitas transaksi Anda di Shopee. Demikian cara menaikkan saldo SPayLater, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/02/08/15150097/dua-cara-menambah-saldo-shopee-paylater

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke