Salin Artikel

Cara Mengatasi iPhone Mati Mendadak padahal Masih Ada Daya

KOMPAS.com - Bagi sebagian pengguna, mungkin pernah mengalami iPhone miliknya mati mendadak ketika sedang digunakan, padahal kondisi daya masih belum habis. Idealnya, iPhone tidak akan mati apabila baterai masih memiliki daya meski hanya sebesar 1 persen.

Lantas, kenapa iPhone tiba-tiba mati padahal masih ada daya?, faktor utama penyebab iPhone mati mendadak, biasanya disebabkan karena kandungan kimia di baterai telah usang akibat masa pakai yang cukup lama.

Seiring bertambahnya umur kandungan kimia itu, kemampuan baterai untuk menyimpan daya dan mengisi ulang bakal berkurang. Pengurangan kemampuan ini mengakibatkan durasi penggunaan perangkat menjadi lebih singkat.

Daya baterai bisa lebih cepat habis di luar durasi penggunaan perangkat dalam kondisi ideal. Dikutip dari laman resmi dukungan Apple, dalam beberapa kasus, iPhone bahkan bisa tiba-tiba mati secara terus menerus.

Jika Anda mengalami iPhone mati mendadak dengan intensitas yang tinggi, tidak ada cara lain untuk mengatasi selain mengganti baterainya. Namun, apabila intensitasnya rendah, Anda bisa mengatasi iPhone mati mendadak dengan kalibrasi ulang baterasinya.

Selengkapnya, berikut cara mengatasi iPhone tiba-tiba mati padahal masih ada daya dengan kalibrasi ulang baterai, sebagaimana dilansir platform perbaikan gadget iFixit, Rabu (9/02/2022).

  • Charge atau isi ulang daya baterai iPhone hingga 100 persen, kurang lebih dalam waktu dua jam
  • Gunakan iPhone hingga kondisi dayanya kosong atau 0 persen
  • Lakukan isi ulang daya baterai lagi hingga 100 persen tanpa dicabut atau digunakan.

Kalibrasi ulang baterai ini berfungsi untuk memperbaiki pembacaan persentase daya, yang mungkin sudah mengalami gangguan akibat masa pakai baterai yang telah lama. Kesalahan pembacaan presentase daya bisa mengakibatkan iPhone mati tiba-tiba.

Sementara itu, pada iPhone 11 series dengan versi sistem operasi iOS 14.5 atau yang lebih baru, fitur kalibrasi ulang baterai bisa langsung ditemukan dalam opsi "Baterai" dalam menu "Pengaturan".

Sistem manajemen baterai iPhone bakal otomatis memberikan kalibrasi ulang saat ditemukan keanehan penggunaan daya, misalnya saat daya iPhone jadi lebih cepat habis dari kondisi sebelumnya.

Kalibrasi ulang baterai ini dilakukan secara otomatis oleh sistem operasi saat iPhone dalam kondisi mengisi ulang daya. Apple mengatakan kalibrasi ini membutuhkan waktu beberapa hari hingga berhasil.

Selanjutnya, sistem operasi bakal memberikan pesan ke pengguna lewat opsi "Baterai" apabila kalibrasi ulang baterai telah berhasil dilakukan.

Apabila kalibrasi ulang baterai sudah dilakukan tapi iPhone tetap mati mendadak, Anda bisa membawanya ke pusat perbaikan terdekat untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Demikian cara mengatasi iPhone tiba-tiba mati padahal masih ada daya, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/02/09/16150047/cara-mengatasi-iphone-mati-mendadak-padahal-masih-ada-daya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.