Salin Artikel

Samsung Umumkan Galaxy S22 Ultra, Serupa Galaxy Note dan Punya Stylus Bawaan

Samsung Galaxy S22 Ultra diposisikan sebagai model paling atas dari Galaxy S22 series. Dua model lain yang diluncurkan adalah Samsung Galaxy S22 reguler dan Samsung Galaxy S22.

Samsung Galaxy S22 Ultra sedianya merupakan suksesor dari Galaxy S21 Ultra yang dirilis pada Januari 2021 lalu.

Samsung Galaxy S22 Ultra hadir dengan membawa "DNA" dari lini ponsel Galaxy Note. Tak heran bila ponsel ini memiliki desain bodi yang sangat mirip dengan ponsel Galaxy Note 20 Ultra yang dirilis pada 2020 lalu.

Kemiripan pertama terletak pada keempat sudut bodi Galaxy S22 Ultra tampak menyiku, tak lagi membulat (rounded) seperti pendahulunya, Galaxy S21 Ultra.

Lalu, kedua sisi (kiri dan kanan) layar ponsel ini juga tampak melengkung (curved), membuat ponsel ini semakin mirip dengan Galaxy Note 20 Ultra.

Selain itu, untuk pertama kalinya, Galaxy S22 Ultra telah dilengkapi dengan built-in aksesori pena (stylus) S Pen.

Sehingga, ponsel ini memiliki kompartemen khusus di sisi kiri bawah ponsel untuk menyimpan S Pen secara langsung pada bodi ponsel.

"Inilah, Galaxy S22 Ultra yang membawa desain ikonik dari lini Galaxy Note," kata Drew Blackard, VP Samsung US Mobile Product Management dalam acara Galaxy Unpacked, sebagaimana dipantau KompasTekno, Rabu malam.

"Tahun lalu kami membawa terobosan baru untuk seri S, dengan membuat Galaxy S21 Ultra kompatibel dengan S Pen. Hari ini, kami sangat senang memperkenalkan model seri Galaxy S pertama yang pernah ada dengan S Pen bawaan (built-in)," kata Blackard.

Sebelumnya, Galaxy S21 Ultra juga sudah mendukung S Pen. Namun, S Pen tidak masuk dalam paket penjualan. Sehingga pengguna perlu membeli S Pen yang dijual secara terpisah bersama dengan back cover.

Spesifikasi Samsung S22 Ultra

Dari segi spesifikasi layar, Samsung Galaxy S22 Ultra mengusung desain Infinity-O khas Samsung yang memiliki bezel super tipis.

Layar tersebut menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,8 inci dengan resolusi Quad HD Plus serta mendukung refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz.

Di sisi tengah atas layar terdapat sebuah lubang alias punch hole yang memuat kamera selfie beresolusi 40 MP (f/2.2).

Adapun keempat kamera belakang tersebut terdiri dari kamera utama (wide) beresolusi 108 MP (f/1.8, dual pixel AF), kamera ultra wide 12 MP (f/2.2), kamera telefoto 10 MP (f/2.4, optical zoom 3x), dan kamera telefoto 10 MP (f/4.9, optical zoom 10x).

Kamera telefoto Galaxy S22 Ultra turut dibekali kemampuan Space Zoom hingga 100x.

Frame ponsel Samsung S22 Ultra menggunakan material Armor Aluminum yang lebih tangguh dibanding aluminium biasa.

Selain itu, layar depan dan bagian punggung ponsel flagship ini sudah dilengkapi dengan kaca pelindung Corning Gorilla Glass Victus Plus.

Untuk sektor dapur pacu, Galaxy S22 Ultra ditenagai chipset bikinan Samsung sendiri, yaitu Exynos 2200 dengan fabrikasi 4nm. Untuk beberapa wilayah pasar, ponsel ini juga akan ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 (4nm).

Indonesia dipastikan untuk pertama kalinya mendapat jatah chipset Snapdragon 8 Gen 1 untuk Galaxy S22 series. Sebelumnya, flagship Galaxy S series di Indonesia selalu menggunakan chipset Exynos.

Chipset tersebut dipadukan dengan beberapa kombinasi RAM dan penyimpanan, yaitu 8/128 GB, 12/256 GB, 12/512 GB, dan yang paling tinggi 12 GB/1 TB. 

Seperti pendahulunya, Samsung Galaxy S22 Ultra tidak memiliki laci kartu memori microSD untuk ekspansi storage.

Fitur Samsung S21 Ultra

Ponsel ini sudah menjalankan sistem operasi Android 12 dan dilapisi antarmuka khas Samsung One UI 4.1.

Untuk sektor daya, Samsung Galaxy S22 Ultra ditopang baterai 5.000 mAh dengan dukungan fast charging 45 watt dengan kabel serta pengisian daya 15 watt tanpa kabel (wireless).

Fitur lain yang dibawa ponsel teratas Samsung ini termasuk fingerprint di bawah layar (under display) dengan teknologi ultrasonik, dukungan konektivitas 5G, NFC, Wi-Fi 6E, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.2, dan USB tipe C.

Tak lupa, Galaxy S22 Ultra ini dibekali S Pen bawaan. Stylus ini memiliki baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan tingkat latency 2,8 ms.

Baik bodi maupun S Pen Galaxy S22 Ultra sudah tersertifikasi anti-debu dan air dengan rating IP68, membuat ponsel ini masih dapat bertahan di air sedalam 1,5 meter selama 30 menit.

Samsung S22 Ultra hadir dalam empat varian warna, yaitu Phantom Black, Phantom White, Burgundy, dan Green. Di atas kertas, ponsel ini memiliki dimensi 77,9mm x 163,3mm x 8,9 mm dengan bobot 229 gram.

Harga Samsung S21 Ultra di Indonesia

Samsung Galaxy S22 Ultra di Indonesia dijual dengan harga berikut ini:

https://tekno.kompas.com/read/2022/02/09/22050047/samsung-umumkan-galaxy-s22-ultra-serupa-galaxy-note-dan-punya-stylus-bawaan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.