Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Cara Mengatasi Aplikasi Gojek Error

KOMPAS.com - Seperti aplikasi pada umumnya, aplikasi Gojek juga sesekali mengalami masalah atau eror. Bentuk erornya pun bermacam-macam. Mulai dari gagal log in (masuk aplikasi), layanan seperti GoRide atau GoFood yang gagal dibuka, pencarian driver yang gagal, dan sebagainya.

Kendala ini tentu akan membuat pengguna Gojek tidak nyaman. Namun, apabila Anda mengalami aplikasi Gojek error atau Gojek down, cari tahu terlebih dahulu apakah masalah tersebut terjadi secara massal atau hanya di akun Anda saja.

Untuk mengetahuinya, pengguna dapat mencari informasi mengenai kabar aplikasi Gojek yang error di berbagai lini media sosial. Salah satunya dapat dipantau melalui Twitter dengan mencari pencarian “Gojek error” atau “Gojek down”.

Jika dalam satu jam terakhir terdapat banyak berbagai twit “Gojek error”atau “Gojek down”, kemungkinan memang ada gangguan di aplikasi tersebut secara massal.

Namun, jika hasil pencarian di Twitter menunjukan keluhan yang sudah disampaikan beberapa hari atau beberapa bulan lalu, kemungkinan gangguan tersebut hanya terjadi pada Anda.

Jika memang terjadi gangguan hanya pada aplikasi Anda, tak perlu panik. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi aplikasi Gojek error, dilansir dari laman resmi Gojek.

Cek koneksi internet

Jika pengguna mendapatkan notifikasi error saat masuk ke akun Gojek, seperti “Terjadi kesalahan”, “Server kami sedang padat merayap”, “Yah internetnya mati”, coba cek kembali internet pada ponsel Anda. Anda dapat mematikan kemudian menyalakan ulang koneksi internet tersebut. 

Uninstall aplikasi Gojek

Jika aplikasi Gojek error, Anda bisa coba mencopot pemasangan aplikasi (unistall) dan install ulang aplikasinya di perangkat Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

Cek GPS di perangkat Anda aktif atau tidak

Salah satu penyebab aplikasi Gojek yang error bisa jadi dikarenakan lokasi GPS tidak sesuai atau tidak terdeteksi.

Hal ini dapat diatasi dengan beberapa cara seperti matikan GPS pada perangkat dan nyalakan kembali.

Pastikan internet dalam keadaan yang stabil atau atur lokasi perangkat GPS dalam mode akurasi tinggi. Untuk mengaturnya berikut ini caranya:

Ponsel Android:

  • Masuk ke menu ‘Pengaturan’
  • Pilih ‘Lokasi’
  • Nyalakan ‘Akses Lokasi’
  • Atur ‘Mode Lokasi’ ke ‘Akurasi tinggi’

iPhone: 

  • Masuk ke menu ‘Pengaturan’
  • Pilih ‘Privasi’
  • Pilih ‘Layanan Lokasi’
  • Matikan ‘Layanan Lokasi’ dan nyalakan ‘Layanan Lokasi’ kembali

Cek pembaruan aplikasi Gojek

Adakalanya gangguan yang terjadi di aplikasi Gojek dikarenakan pengguna lupa atau terlewat tidak melakukan update aplikasi di Play Store atau App Store.

Untuk melakukan update aplikasi, kunjungi Play Store atau App Store, pilih aplikasi Gojek dan klik ‘Update’.

Pastikan Anda menggunakan aplikasi Gojek versi terbaru agar dapat mengakses berbagai layananannya tanpa gangguan atau error.

Hapus cache aplikasi Gojek

Cache merupakan data yang tersimpan sementara pada memori telepon saat pengguna menggunakan aplikasi. Cache yang menumpuk bisa membebani ruang penyimpanan dan mempengaruhi performa perangkat.

Anda dapat menghapus data cache aplikasi Gojek agar aplikasi dapat berjalan lancar kembali. Berikut ini cara hapus cache untuk ponsel Android.

  • Masuk ke ‘Pengaturan’
  • Scroll ke bawah pilih “Apps”
  • Klik “Manage apps”
  • Pilih aplikasi Gojek
  • Klik “Clear cache/data”

Sementara di menghapus chace di iPhone bisa dilakukan dengan cara berikut:

  • Buka menu setting
  • Pilih general
  • Pilih iPhone Storage
  • Pilih aplikasi Gojek
  • Klik Delete App

Nantinya, sistem akan meng-uninstall aplikasi Gojek untuk menghapus cache tanpa menghapus akun. Setelah itu, Anda bisa unduh aplikasi Gojek kembali lewat App Store.

Restart perangkat Anda

Jika terjadi error pada aplikasi Gojek, pengguna dapat mencoba dengan cara me-restart perangkat mereka. Dengan restart perangkat, ponsel akan bekerja dari awal kembali dan kemungkinan aplikasi Gojek dapat dijalankan secara normal kembali

Hubungi call center Gojek

Jika masih saja terjadi error atau gangguan pada aplikasi Gojek, Anda dapat menghubungi call center Gojek di halaman ‘Bantuan’ aplikasi Gojek, e-mail ke customerservice@gojek.com, atau telepon ke +6221-5084-9000.

Itulah beberapa cara mengatasi Gojek yang error. Semoga membantu.

https://tekno.kompas.com/read/2022/02/10/14450007/begini-cara-mengatasi-aplikasi-gojek-error

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke