Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Hal Pembeda Samsung Galaxy S22 Ultra dari Generasi Sebelumnya

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ada tiga model yang diperkenalkan, yakni Samsung Galaxy S22, Galaxy S22 Plus, dan Galaxy S22 Ultra. Galaxy Ultra menjadi model yang cukup menyita perhatian kali ini.

Bukan hanya karena mengusung spesifikasi yang paling tinggi dibanding dua model lain, tapi Galaxy S22 Ultra membawa beberapa aspek baru.

Bahkan, pembaruan yang diusung Galaxy S22 Ultra ini menjadi pembeda dibanding lini Galaxy S generasi-generasi sebelumnya, khususnya untuk pasar Indonesia. Apa saja "kejutan" yang dibawa Galaxy S22 Ultra dari generasi sebelumnya?

Versi Snapdragon untuk pasar Indonesia

Selama ini, Samsung selalu memasarkan dua versi lini Galaxy S series, yakni versi chipset Snapdragon dan Exynos. Indonesia menjadi salah satu negara yang "langganan" versi Exynos.
Namun tidak untuk tahun ini.

Untuk pertama kalinya, Samsung memasarkan trio Galaxy S series versi Snapdragon di Indonesia, lewat kehadiran Galaxy S22 Ultra. Hal ini menjadi "kejutan" untuk penggemar Samsung di Indonesia.

Pasalnya, selama ini Galaxy S series versi Snapdragon hanya dipasarkan di beberapa negara saja, seperti Amerika Serikat dan Korea Selatan. Padahal, penggemar Samsung Indonesia mengidam-idamkan Galaxy S varian Snapdragon sejak lama.

Sebelum Galaxy S22 series, terakhir kali Samsung memboyong Galaxy S series versi Snapdragon ke Indonesia adalah lewat Galaxy S5 yang dirilis tahun 2014 lalu, atau delapan tahun lalu. Saat itu, Galaxy S5 ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 801.

Menurut informasi yang beredar, selain Indonesia, wilayah lain yang kebagian jatah Galaxy S22 series dengan chip Snapdragon di antaranya adalah mayoritas wilayah Asia Tenggara, Amerika Utara, Amerika Selatan, Asia Timur, Oseania, Asia Barat, Timur Tengah, dan Afrika.

Sementara Galaxy S22 varian Exynos 2200 bakal dipasarkan di wilayah Asia Barat, Timur Tengah, dan Afrika.

Untuk pertama kalinya pula, Samsung membekali salah satu model dari lini Galaxy S dengan stylus S Pen. Selama ini, S Pen menjadi ciri khas lini Galaxy Note.

Tahun lalu, S Pen memang sudah hadir sebagai dukungan Galaxy S21 Ultra. Namun, S Pen di Galaxy S21 Ultra harus dibeli secara terpisah dengan back cover bukan secara built in.

Kehadiran S Pen di Galaxy S22 Ultra seakan menjadi jawaban atas rumor yang selama ini berhembus, bahwa lini Galaxy Note harus pensiun.

Akan tetapi, penggemar Galaxy Note mungkin tidak perlu merasa kehilangan. Sebab, Galaxy S22 Ultra dengan S Pen, bisa menjadi pilihan baru.

"Kejutan" lain yang dibawa Galaxy S22 adalah dari sisi desain. Apabila trio Galaxy S22 series disandingkan, Galaxy S22 Ultra tampak paling berbeda.

Alih-alih mirip "saudaranya", Galaxy S22 Ultra justru lebih mirip dengan Galaxy Note. Samsung tampaknya memang ingin mewariskan "DNA" Galaxy Note ke lini Galaxy S lewat Galaxy S22 Ultra.

Kemiripan Galaxy S22 Ultra dan Galaxy Note terlihat di ukurannya yang bongsor dan memanjang. Keempat sudutnya juga tampak menyiku, tidak membulat (rounded) sebagaimana Galaxy S series lainnya.

Selain itu, kedua sisi samping (kanan-kiri) layar juga tampak melengkung (curved), mirip Galaxy Note 20 Ultra. Di sisi bawah juga terdapat kompartemen khusus untuk tempat penyimpanan S Pen, sama persis dengan yang dimiliki Galaxy Note selama ini.

Selain bentuknya yang mirip Galaxy Note, perbedaan paling mencolok antara Galaxy S22 Ultra dan Galaxy S22 Plus maupun Galaxy S22 "reguler" ada di sektor kamera.

Tampak jelas di sisi punggung tidak ada camera bump atau modul kamera yang tebal, seperti dua model lainnya.

Empat buah kamera dan sebuah sensor laser AF seakan langsung tertanam di punggung ponsel. Kendati demikian, kamera belakang tetap terlihat timbul, tidak rata dengan punggung. Absenya camera bump ini membuat punggung Galaxy S22 Ultra tampak lebih minimalis.

Adapun kamera belakang Samsung Galaxy S22 Ultra terdiri dari kamera utama (wide) 108 MP, kamera ultra wide 12 MP, kamera telefoto 10 MP (optical zoom 3x), dan kamera telefoto 10 MP (optical zoom 10x). Kamera telefoto ponsel ini turut dibekali kemampuan Space Zoom hingga 100x.

Selain empat kamera tersebut, tersdapat sebuah sensor laser AF yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja AF dalam jarak dekat maupun kondisi minim cahaya. Sensor ini hanya tersedia di Galaxy S22 Ultra saja. Sementara di sisi depan, terdapat kamera selfie 40 MP.

https://tekno.kompas.com/read/2022/02/11/09300027/4-hal-pembeda-samsung-galaxy-s22-ultra-dari-generasi-sebelumnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke