Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alur Registrasi dan Simpan Akun Permanen LTMPT 2022 Buat Daftar SNMPTN

KOMPAS.com - Registrasi akun LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) untuk jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi) bakal segera berakhir pada 15 Februari mendatang.

Siswa SMA tingkat akhir disarankan untuk segera melakukan simpan akun permanen LTMPT 2022 agar bisa mengikuti SNMPTN. Simpan akun permanen tersebut baru bisa dilakukaan setelah sekolah selesai mengisi data nilai siswa di PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa).

Pengisian PDSS telah berakhir pada 10 Februari 2022. Jadi, sebelum melakukan simpan akun permanen LTMPT 2022, pastikan sekolah telah selesai melakukan pengisian PDSS.

Apabila siswa tidak melakukan simpan akun permanen LTMPT 2022 maka tidak bakal bisa daftar SNMPTN. Simpan akun permanen sendiri merupakan tahap akhir dari proses pendaftaran atau registrasi akun LTMPT.

Siswa yang telah melakukan verifikasi dan validasi data saat registrasi akun LTMPT diminta untuk melakukan simpan akun permanen. Setelah itu, siswa bakal mendapat Bukti Permanen yang nantinya berfungsi untuk daftar SNMPTN.

Registrasi akun LTMPT sendiri memang bersifat wajib bagi siswa yang ingin melanjutkan jenjang studi ke perguran tinggi, dengan melalui jalur SNMPTN dan UTBK-SBMPTN. Adapun pendaftaran SNMPTN berlangsung mulai 14 - 28 Februari 2022.

Dikutip dari laman resmi LTMPT, Jumat (11/02/2022), pendaftaran UTBK-SBMPTN baru akan berlangsung pada 23 Maret - 15 April 2022, dengan registrasi akun LTMPT yang dibuka mulai 14 Februari – 17 Maret 2022.

Agar bisa mengikuti seleksi tersebut, siswa harus punya dokumen Bukti Permanen yang diperoleh dari registrasi akun LTMPT. Jika siswa ingin mendaftar akun LTMPT, sebaiknya telah melengkapi syarat dokumennya terlebih dulu.

Selengkapnya, simak alur registrasi dan simpan akun permanen LTMPT 2022 buat daftar SNMPTN, berikut ini:

Registrasi akun LTMPT 2022

  • Setelah dokumen dirasa lengkap, siswa bisa melanjutkan untuk registrasi akun LTMPT
  • Klik tautan atau link registrasi akun LTMPT 2022 berikut ini, lalu klik opsi "Daftar" yang ada di halaman awal situs.
  • Selanjutnya, klik opsi “Daftar” lagi pada bagian “Siswa”.
  • Isi kolom NISN, NPSN, dan tanggal lahir, setelah itu klik tombol “Selanjutnya”
  • Kemudian, masukkan alamat e-mail aktif dan password yang diinginkan untuk akun LTMPT, lalu klik “Daftar”
  • Setelah itu, cek pesan masuk dari LTMPT di alamat e-mail yang telah didaftarkan sebelumnya
  • Buka pesan tersebut untuk melakukan aktivasi akun LTMPT.

Simpan akun permanen LTMPT 2022

  • Setelah akun LTMPT aktif, silahkan login kembali ke link registrasi akun LTMPT 2022 tadi untuk melakukan verifikasi dan validasi data siswa
  • Pilih opsi “Verifikasi Data Siswa” yang berada di dashboard LTMPT
  • Pada halaman verifikasi dan validasi data siswa, periksa kembali data dengan teliti. Kemudian, isi kolom yang masih kosong, seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), agama, alamat, nomor telepon, dan lainnya.
  • Apabila data sudah benar, klik “Selanjutnya” untuk mulai mengunggah foto
  • Sesuaikan foto dengan bingkai yang tersedia, lalu klik “Selanjutnya”
  • Teliti kembali semua data yang telah dimasukkan, apabila sudah sesuai klik “Simpan Permanen” Kemudian, unduh data dengan klik “Unduh Bukti Permanen”.

Apabila memilih opsi “Simpan Permanen”, data yang telah dimasukkan tidak dapat diubah kembali. Jadi, pastikan bahwa data yang dimasukkan telah sesuai.

Setelah Bukti Permanen diunduh, harap disimpan di tempat yang aman dan jangan sampai hilang. Demikian alur registrasi dan simpan akun permanen LTMPT 2022, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/02/11/13150047/alur-registrasi-dan-simpan-akun-permanen-ltmpt-2022-buat-daftar-snmptn

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke