Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fitur-fitur Tablet Galaxy Tab S8 Ultra yang Dijual Rp 20 Juta di Indonesia

Berbeda dari seri Galaxy Tab S sebelumnya, keluarga Samsung Galaxy Tab S8 kedatangan satu anggota baru, yakni Samsung Galaxy Tab S8 Ultra.

Diposisikan sebagai model teratas, tablet ini membawa sejumlah peningkatan dari aspek spesifikasi yang mencakup ukuran layar, performa prosesor, daya baterai, serta aksesori S Pen.

Dengan berbagai peningkatan itu, Samsung Galaxy Tab S8 Ultra varian WiFi+5G penyimpanan 256 GB dijual Rp 20 juta Indonesia. Apa saja fitur-fitur yang dibawa tablet seharga ini?

Product Marketing Manager Mobile Experience Samsung Electronics Indonesia, Annisa Maulina menjelaskan bahwa Samsung Galaxy Tab S8 Ultra memiliki ukuran layar yang jauh lebih luas dari pendahulunya.

Samsung Galaxy Tab S8 Ultra hadir dengan panel layar Super AMOLED seluas 14,6 inci. Layar tersebut mempunyai ketebalan 6,33 mm dengan refresh rate 120 Hz.

Sebagai perbandingan, Samsung Galaxy Tab S7 Plus memiliki diagonal layar sebesar 12,4 inci.

Dari segi performa, Samsung Galaxy Tab S8 ditenagai oleh prosesor terbaru dari Qualcomm yakni Snapdragon 8 Gen 1 (4nm).

Chip tersebut diklaim mampu menawarkan peningkatan performa CPU hingga 24 persen dan GPU sebesar 52 persen dibandingkan Samsung Galaxy Tab S7 Plus.

"Tidak perlu khawatir untuk gamingnya sendiri akan lag sehingga beberapa aplikasi yang dibuka secara bersamaan akan tetap smooth experience-nya," jelas Annisa dalam sesi konferensi pers yang digelar secara online, Jumat (11/2/2022).

Kapasitas baterai yang ditawarkan Samsung Galaxy Tab S8 Ultra juga terbilang lebih besar. Tablet ini memiliki baterai berkapasitas 11.200 mAh yang didukung dengan SuperFast Charging 2.0 hingga 45 watt.

Annisa mengklaim bahwa Samsung Galaxy Tab S8 Ultra dapat digunakan untuk menonton video streaming hingga 14 jam lamanya.

"Dengan ukuran layar 24,6 inci yang cukup besar, kita cuma butuh waktu kurang dari satu setengah jam untuk bisa 100 persen full charge," kata Annisa.

Kebutuhan streaming pada tablet juga sudah didukung dengan teknologi audio Dolby Atmos dan AKG. Gabungan kedua teknologi ini diklaim mampu menyajikan suara yang immersive dengan bass yang powerful.

S Pen dengan latency rendah

Samsung turut menyertai Samsung Galaxy Tab S8 Ultra dengan aksesori stylus S Pen yang hadir dengan peningkatan presisi hingga lebih baik dibandngkan pendahulunya.

S Pen yang terdapat pada Samsung Galaxy Tab S8 Ultra dan Samsung Galaxy Tab S8 Plus memiliki latensi yang cukup rendah, yakni di angka 2,8 ms.

"Pengaruhnya sendiri bisa memberikan pengalaman menulis seperti di atas kertas," ucap Annisa.

Untuk menunjang produktivitas dan kreativitas, Samsung Galaxy Tab S8 Ultra juga disertai dengan beragam aplikasi menarik seperti Clip Studio Paint, LumaFusion: Video Editing, NoteShelf, PenUp, dan Samsung Notes.

Samsung Notes merupakan aplikasi bawaan yang memungkinkan pengguna untuk membuat handwriting dengan berbagai jenis pena yang tersedia.

Aplikasi ini juga mempunyai fitur audiobookmark sehingga pengguna bisa merekam dan menyertakan rekaman suara tersebut pada catatan yang dibuat di Samsung Notes.

Sedangkan Clip Studio Paint adalah sebuah aplikasi yang dapat mengbah tablet layaknya sebuah kanvas. Pengguna juga bisa menggunakan bantuan smartphone sebagai pallet tempat memilih warna.

Bagi pengguna yang gemar membuat pencatatan jadwal, kehadiran aplikasi NoteShelf dapat dimanfaatkan untuk membuat daily activity. Aplikasi ini juga menyediakan beragam jenis template penulisan yang menarik.

Aplikasi PenUp yang tersedia menyajikan banyak aneka template gambar. Dengan bantuan S Pen, pengguna diklaim mampu membuat berbagai macam variasi gambar.

Terakhir, Samsung Galaxy Tab S8 Ultra juga disertai aplikasi LumaFusion: Video Editing. Aplikasi ini bisa gratis dipakai selama 6 bulan untuk melakukan penyuntingan (editing) video.

Samsung Galaxy Tab S8 Ultra juga mendukung fungsi Samsung DeX yang dapat mengubah tablet menjadi layaknya PC desktop. Ada pula aksesori cover keyboard yang dapat menunjang produktivitas.

"Di saat membuka aplikasi secara bersamaan, terdapat window control yang memudahkan untuk mencari dan berpindah antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya," imbuh Annisa.

https://tekno.kompas.com/read/2022/02/12/16300067/fitur-fitur-tablet-galaxy-tab-s8-ultra-yang-dijual-rp-20-juta-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke