Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

DM di Twitter Kini Bisa Di-pin, Obrolan Prioritas Tampil Paling Atas

KOMPAS.com - Twitter menghadirkan pembaruan yang memudahkan pengguna berinteraksi di direct message (DM) dengan orang-orang yang mereka inginkan.

Pembaruan kali ini memungkinkan pengguna memasang pin hingga enam DM atau percakapan, sehingga letaknya tetap berada di atas. Fitur pin ini sepintas mengingatkan pada fitur sama yang dimiliki WhatsApp.

Dengan memberikan pin pada percakapan (DM) dari akun yang dipilih, maka percakapan ituakan selalu berada di posisi teratas, meskipun ada DM dari akun baru yang masuk. Fitur pin DM Twitter sudah tersedia untuk pengguna versi Android, iOS dan web.

Fitur ini bisa menjadi penanda khusus untuk percakapan yang diprioritaskan. Pengguna tidak akan terganggu atau tidak perlu scrolling (menggulir) layar berkali-kali untuk mengirimkan pesan baru ke pengguna yang diprioritaskan.

Twitter sendiri memungkinkan pengguna untuk menambahkan pin hingga ke enam obrolan atau pengguna di DM. Nantinya keenam obrolan itu akan berada di daftar teratas dari semua obrolan.

Untuk menambahkan pin, pengguna hanya perlu melakukan swipe ke kanan pada suatu obrolan, untuk menemukan fitur pin. Klik ikon pin tersebut, sehingga obrolan terkait akan bergeser menjadi obrolan di daftar teratas.

Untuk memudahkan pengguna, Twitter sebenarnya sudah menyediakan fitur pencarian di DM. Fitur ini akan membantu pengguna menemukan obrolan atau lawan bicara yang akan dituju tanpa scrolling.

Namun fitur pin akan lebih praktis karena tidak mengharuskan pengguna melakukan pencarian terlebih dahulu.

DM Twitter jarang dipakai

Menurut penelitian Twitter, fitur pesan atau DM memang cukup jarang digunakan. Meski demikian, DM menjadi penghubung antara pelanggan dengan akun bisnis di Twitter.

Mayoritas fitur ini digunakan oleh pengguna bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan, yang biasanya menyertakan data pribadi seperti identitas atau detail pesanan.

Alih-alih mengirim pesan, penelitian Twitter menunjukkan 73 persen pengguna cenderung mengunggah twit dengan menautkan (mention) akun bisnis/merek terkait.

Dihimpun KompasTekno dari Social Media Today, Jumat (18/2/2022), hanya 52 persen pengguna yang lebih memilih untuk DM akun bisnis, ketika harus mengirimkan data yang agak pribadi.

Meski DM Twitter jarang digunakan, hadirnya fitur pin akan membantu akun bisnis untuk menandai beberapa pelanggan prioritas yang mengalami kendala dan harus segera mendapat respons.

Fitur ini juga memungkinkan admin untuk mengelola obrolan hingga merespons dengan tepat waktu.

https://tekno.kompas.com/read/2022/02/18/09163537/dm-di-twitter-kini-bisa-di-pin-obrolan-prioritas-tampil-paling-atas

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.