Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aplikasi PeduliLindungi Dikeluhkan Hilang dari App Store

KOMPAS.com - Aplikasi PeduliLindungi dikeluhkan hilang dari toko aplikasi Apple, App Store. PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk menghentikan penularan Coronavirus Disease (Covid-19).

Dengan memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi, pemerintah dapat menelusuri riwayat Covid-19 atau disebut contact tracing hingga status riwayat vaksin.

Belum diketahui sejak kapan aplikasi PeduliLindungi menghilang dari App Store. Namun, seorang pengguna di Twitter mempertanyakan aplikasi PeduliLindungi hilang dari App Store sejak lima hari lalu.

Meski demikian, laman tersebut tidak menyediakan tombol download, dan merekomendasikan pengguna mencari aplikasi PeduliLindungi melalui Mac App Store. Setelah dibuka di Mac App Store pun aplikasi ini tidak bisa di-download.

Namun, KompasTekno berhasil menginstal aplikasi peduliLindungi di iPhone dengan mengunjungi laman resmi situs PeduliLindungi, dan menuju menu Unduh, kemudian klik ikon App Store.

Meski hilang dari App Store, aplikasi PeduliLindungi yang sudah terinstal di iPhone tidak serta merta lenyap. Aplikasi ini masih tersedia dan dapat dijalankan sebagaimana biasanya.

Belum ada penjelasan dari pihak PeduliLindungi ataupun Apple tentang hilangnya aplikasi ini beberapa hari belakangan.

Secara teknis, masyarakat harus melakukan pemindaian kode QR (barcode) melalui aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki lokasi tertentu. Selain itu, aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk mendaftar program vaksinasi.

Dengan praktik ini, diharapkan pemerintah dapat memonitor jumlah keramaian dan membatasi kerumunan ketika jumlahnya melebihi kapasitas yang ditentukan.

https://tekno.kompas.com/read/2022/02/20/22281997/aplikasi-pedulilindungi-dikeluhkan-hilang-dari-app-store

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke