Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PeduliLindungi Hilang di App Store, Ini Penjelasan Kemenkes

Hal ini mengakibatkan pengguna perangkat berbasis iOS tidak bisa men-download dan memperbarui (update) aplikasi PeduliLindungi.

Menanggapi masalah tersebut, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi mengakui bahwa saat ini aplikasi PeduliLindungi sedang mengalami kendala teknis.

Nadia menjelaskan bahwa status aplikasi PeduliLindungi yang terdaftar di toko aplikasi Apple App Store berubah menjadi private (privat). Alhasil, pengguna iPhone untuk sementara tidak bisa mencari dan menemukan PeduliLindungi pada kolom pencarian App Store.

Lebih lanjut, Siti mengatakan bahwa pihaknya sedang mengoordinasikan kendala ini dengan Apple, selaku pengelola App Store.

Menurut Siti, Kemenkes juga telah bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk mencari solusi dari masalah ini.

"Aplikasi (PeduliLindungi) masih ada tetapi tidak bisa di-search. Nah, (kendala) ini sedang diupayakan untuk dioptimalkan," unujargkap Siti ketika dihubungi KompasTekno, Senin (21/2/2022).

Download dari situs PeduliLindungi

Meski hilang di toko aplikasi App Store, PeduliLindungi masih muncul di situs web App Store, setelah dicari melalui mesin pencari, seperti Google Search.

Namun, laman situs App Store tidak menyertakan tombol download untuk mengunduh aplikasi. Pengguna juga diminta mengunjungi Mac App Store di perangkat komputer. 

Namun aplikasi yang dikembangkan untuk menghentikan penularan Coronavirus Disease (Covid-19) itu tidak bisa di-download di Mac App Store.

Kabar baiknya, ada cara alternatif untuk mengatasi hal ini. Pengguna iPhone bisa mencoba men-download aplikasi PeduliLindungi secara langsung lewat situs resmi PeduliLindungi.

Dalam situs tersebut, pengguna bakal menemukan menu "Unduh" dari aplikasi PeduliLindungi. Selanjutnya, pilih/klik ikon App Store di halaman tersebut. Pengguna akan dibawa ke halaman aplikasi PeduliLindungi di App Store, dan bisa mengunduhnya.

KompasTekno sudah mencoba cara alternatif ini dan aplikasi PeduliLindungi dapat berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan. Fitur seperti scan barcode juga masih bisa digunakan dengan lancar.

https://tekno.kompas.com/read/2022/02/21/14020067/pedulilindungi-hilang-di-app-store-ini-penjelasan-kemenkes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke