Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Mengatasi Aplikasi PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka

KOMPAS.com - Bagi sebagian pengguna mungkin pernah mengalami persoalan aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka, sehingga kesulitan saat hendak check-in ke ruang publik seperti bandara, pusat perbelanjaan, dan sebagainya.

Saat ini, aplikasi PeduliLindungi memang punya peran penting bagi masyarakat dan pemerintah, yang berfungsi untuk membantu pengendalian dan pengawasan penyebaran virus Covid-19.

PeduliLindungi digunakan sebagai syarat wajib supaya bisa memasuki ruang publik, dengan tujuan agar memudahkan pemantauan jumlah keramaian dan membatasi kerumunan ketika jumlahnya melebihi kapasitas yang ditentukan.

Di sisi lain, seperti perangkat lunak pada umumnya, aplikasi PeduliLindungi juga bisa mengalami eror atau gangguan. Bentuk aplikasi PeduliLindungi eror ini bermacam-macam, salah satunya adalah aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka atau tiba-tiba tertutup.

Selain itu, gangguan juga bisa terjadi pada fungsi fiturnya, seperti jadi tidak bisa memindai kode QR dan mengunduh sertifikat vaksin. Dilansir dari laman resmi Satuan Tugas Penanganan Covid-19, aplikasi PeduliLindungi eror memang mungkin terjadi.

Meski demikian, ada beberapa hal yang bisa dilakukan masyarakat untuk mengatasinya. Berikut rangkuman KompasTekno tentang cara mengatasi aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka dan gangguan lainnya.

1. Memuat ulang aplikasi

Cara mengatasi aplilkasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka yang pertama adalah dengan memuat ulang aplikasinya. Anda bisa menutup penuh aplikasi PeduliLindungi di layar dan background ponsel.

Masing-masing ponsel biasanya memiliki cara yang berbeda untuk menutup penuh aplikasi. Ikuti panduan menutup aplikasi yang disediakan di ponsel Anda. Setelah menutup penuh, buka kembali aplikasi PeduliLindungi.

2. Memperbarui versi aplikasi 

Selain memuat ulang, Anda bisa mengatasi aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka dengan memeriksa pembaruan versinya di toko aplikasi masing-masing ponsel, seperti Google Play Store (untuk ponsel berbasis Android) atau App Store (untuk ponsel berbasis iOS).

Apabila aplikasi PeduliLindungi di toko aplikasi tersebut memiliki versi terbaru segera lakukan pembaruan. Aplikasi PeduliLindungi tidak bisa digunakan dapat disebabkan karena sistem di dalamnya mungkin sudah tidak kompatibel dengan sistem yang ada di ponsel.

Dengan menggunakan aplikasi versi terbaru, biasanya bakal membawa perbaikan ke sejumlah gangguan perangkat lunak, sehingga aplikasi PeduliLindungi bisa berjalan dengan lancar.

3. Membersihkan cache

Mengatasi aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka dapat dilakukan dengan membersihkan data cache aplikasi yang ada di ponsel. Data chace yang menumpuk kadang bisa membuat memori jadi lamban atau terganggu dalam memproses aplikasi.

Anda bisa membersihkan data cache sesuai panduan yang ada di masing-masing ponsel. Membersihkan data cache bertujuan agar memori memiliki ruang yang cukup untuk menjalankan aplikasi.

Dengan ruang memori yang cukup, aplikasi PeduliLindungi bisa berjalan dengan lebih lancar dan meminimalisir terjadinya gangguan.

4. Login akun ulang 

Berikutnya, Anda bisa mencoba untuk melakukan login (masuk) akun ulang di aplikasi PeduliLindungi. Caranya, klik menu “Akun” di aplikasi PeduliLindungi, lalu gulir kebawah dan klik opsi “Keluar”.

Setelah itu, tutup dan buka kembali aplikasi PeduliLindungi. Kemudian, masukkan akun Anda untuk login di aplikasi itu. Dengan login ulang akun, aplikasi PeduliLindungi mungkin bisa tersegarkan kembali dan dapat merespon perintah Anda dengan baik.

5. Mengaktifkan mode pesawat

Versi terbaru dari aplikasi PeduliLindungi membawa pembaruan fitur check-in offline, yang memungkinkan ponsel pengguna tidak perlu terhubung ke koneksi internet.

Dengan versi terbaru, idealnya Anda tetap bisa mengakses aplikasi PeduliLindungi meski berada dalam kondisi koneksi internet yang buruk, atau bahkan tidak ada koneksi internet sama sekali.

Apabila Anda menemui kondisi aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka akibat koneksi internet tidak memadai, Anda bisa mencoba untuk mengaktifkan fitur check-in offline dengan mengaktifkan mode pesawat di ponsel.

Caranya, klik ikon pesawat yang biasanya berada di pusat pengaturan cepat pada ponsel. Ketika mode pesawat aktif, Anda bisa mencoba mengakses kembali aplikasi PeduliLindungi dan mulai memindai kode QR untuk check-in.

Hasil pemindaian akan menggunakan data terakhir check-in yang pernah dilakukan. Sebelum menggunakan cara ini, pastikan bahwa Anda telah memiliki aplikasi PeduliLindungi dengan versi 4.0.6 atau yang lebih baru.

Demikian cara mengatasi aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka dan gangguan lainnya, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/02/21/14150037/5-cara-mengatasi-aplikasi-pedulilindungi-tidak-bisa-dibuka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke