Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aplikasi PeduliLindungi Kembali Muncul di App Store setelah 3 Hari Menghilang

Setelah tiga hari menghilang dari toko aplikasi Apple, aplikasi PeduliLindungi akhirnya kembali dapat ditemukan dan diunduh.

Penelusuran KompasTekno, Rabu (23/2/2022) siang, aplikasi PeduliLindungi sudah kembali muncul di App Store dan dapat ditemukan melalui kolom pencarian.

Dengan kata lain, pengguna yang belum mengunduh aplikasi ini, kini dapat mengunduhnya seperti mengunduh aplikasi lain.

Aplikasi PeduliLindungi dapat diunduh pengguna iPhone langsung di App Store atau melalui tautan ini.

"Jadi aplikasinya berubah menjadi private, aplikasi masih ada tetapi tidak bisa dicari. Ini sedang diupayakan untuk dioptimalkan," kata Siti Nadia beberapa waktu lalu.

Saat itu, aplikasi PeduliLindungi memang masih dapat ditemukan di App Store jika dicari melalui mesin pencari seperti Google Search. Sementara jika dicari langsung di halaman App Store, aplikasi tersebut tidak muncul.

Keterangan dari laman tersebut justru menyarankan pengguna untuk mencari aplikasi PeduliLindungi melalui Mac App Store. Padahal setelah dibuka di Mac App Store, aplikasi ini tidak bisa pula untuk di-download.

PeduliLindungi sendiri merupakan aplikasi yang dikembangkan sebagai upaya meminimalisasi penularan Coronavirus Disease (Covid-19).

Aplikasi PeduliLindungi sendiri terbilang penting bagi masyarakat Indonesia di tengah pandemi. Sebab, aplikasi itu menjadi salah satu syarat bagi masyarakat untuk beraktivitas di luar rumah atau di area publik seperti pusat perbelanjaan.

Secara teknis, masyarakat harus melakukan pemindaian kode QR (barcode) melalui aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki lokasi tertentu. Selain itu, aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk mendaftar program vaksinasi.

Dengan memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi, pemerintah dapat menelusuri riwayat Covid-19 atau contact tracing. Pengguna juga bisa mengecek riwayat vaksin melalui aplikasi ini.

https://tekno.kompas.com/read/2022/02/23/12051897/aplikasi-pedulilindungi-kembali-muncul-di-app-store-setelah-3-hari-menghilang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke