Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Oppo Find X5 Pro Resmi Meluncur dengan Prosesor Gambar MariSilicon X

Ada tiga model yang ditelurkan Oppo, yaitu Oppo Find X5 Pro, Find X5 versi "reguler", dan Find X5 Lite. Secara hierarki, Oppo Find X5 Pro diposisikan paling atas dari ketiga model tersebut.

Ponsel Find X5 Pro 5G mengunggulkan sektor kamera dengan prosesor gambar (Image Signal Processor/ISP) bikinan Oppo sendiri bernama MariSilicon X. Prosesor ini merupakan hasil kerja sama dengan produsen kamera premium asal Swedia, Hasselblad

Dari segi desain, Oppo Find X5 Pro membawa penyegaran pada desain punggungnya dibanding pendahulunya, Find X3 Pro. Kini, Oppo menyematkan modul kamera berbentuk persegi panjang di mana ada satu sisinya yang tidak simetris.

Spesifikasi Oppo Find X5 Pro

Untuk spesifikasi layarnya, Oppo Find X5 Pro menggunakan panel AMOLED berukuran 6,7 inci dengan resolusi Quad HD Plus (3.216 × 1.440 piksel).

Layar tersebut sudah mendukung adaptive refresh rate hingga 120 Hz, touch sampling rate 240 Hz, kerapatan piksel 525 ppi, tingkat kecerahan (brightness) hingga 1.300 nits, dan sudah dilapisi kaca pelindung Corning Gorilla Glass Victus.

Beralih ke bagian belakang, Oppo membekali Find X5 Pro dengan tiga kemara belakang yang terdiri dari kamera utama (wide) beresolusi 50 MP (f/1.7), kamera ultrawide 50 MP (f/2.2, 110,3 derajat), serta kamera telefoto 13 MP (f/2.4)dengan digital zoom 2x dan hybrid zoom 5x.

Kamera utama dan ultrawide tersebut sama-sama menggunakan sensor IMX766 dari Sony. Kamera ponsel ini juga dibekali teknologi peredam goyangan Optical Image Stabilizer (OIS) 5-sumbu baru.

Kamera Oppo Find X5 Pro juga dilengkapi dengan fitur Hasselblad Natural Color Calibration, yang mengandalkan sensor warna 13-channel baru.

Yang menarik, Oppo membekali Find X5 Pro dengan chip gambar bernama MariSilicon X Imaging NPU, untuk memproses gambar yang ditangkap menggunakan kameranya. Prosesor gambar (Image Signal Processor/ISP) bikinan Oppo sendiri tersebut dibangun dengan proses fabrikasi 6nm.

Chip gambar MariSilicon X diklaim dapat mengurangi noise pada gambar yang diambil serta dimungkinkan untuk merekam 4K Ultra Night Video dengan noise yang dikurangi dan warna yang lebih baik daripada pengaturan video malam biasa.

Lebih lanjut, Oppo mengatakan chip gambar bikinannya itu memungkinkan perekaman video HDR hingga 20-bit.

Ponsel flagship terbaru Oppo ini ditopang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan dukungan fitur pengisian daya cepat (fast charging) SuperVOOC 80 watt yang diklaim mampu mengisi daya ponsel dari 0-50 persen dalam 12 menit.

Oppo Find X5 Pro juga dilengkapi dengan pengisian tanpa kabel AirVOOC hingga 50 watt yang disebutkan dapat mengisi penuh 100 persen daya ponsel hanya dalam 47 menit.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan Battery Health Engine yang digadang-gadang dapat memperpanjang masa pakai baterai hingga 1.600 siklus pengisian daya, sebelum baterai mulai menurun sebesar 20 persen.

Di atas kertas, penerus Oppo Find X3 Pro ini memiliki ketebalan 8,5mm dan bobot 218 gram. Ponsel ini sudah menjalankan sistem operasi Android 12 dan dilapisi antarmuka ColorOS 12.1.

Fitur lain yang dibawa Find X5 Pro meliputi fingerprint di bawah layar (in-screen fingerprint), dukungan 5G, NFC, WiFi 6, Bluetooth 5.2, serta USB Type-C.

Ponsel ini sudah memiliki sertifikasi anti-air dan debu dengan rating IP68, sebagaimana dihimpun dari situs resmi Oppo. Artinya, ponsel ini mampu bertahan pada kedalaman air 1,5 meter dalam kurun waktu hingga 30 menit.

Di China, Oppo Find X5 Pro hadir dalam warna Ceramic White dan Glaze Black. Ponsel ini dibanderol dengan harga 1.300 euro (sekitar Rp 21 juta) untuk memori 12/256GB, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizmoChina, Jumat (25/2/2022).

Ponsel ini akan mulai dijual pada 14 Maret 2022 mendatang di China. Belum ada informasi resmi apakah Oppo Find X5 Pro ini bakal dipasarkan juga di Indonesia atau tidak. Kita tunggu saja.

https://tekno.kompas.com/read/2022/02/25/08080087/oppo-find-x5-pro-resmi-meluncur-dengan-prosesor-gambar-marisilicon-x

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke