Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apple Siapkan MacBook dengan Layar yang Bisa Dilipat?

Sebagai salah satu raksasa teknologi dunia, Apple pun dikabarkan tengah menyiapkan perangkat dengan layar yang bisa dilipat.

Laporan terbaru dari Display Supply Chain Consultant (DSCC) mengatakan Apple kemungkinan sedang mengembangkan laptop atau MacBook dengan layar yang dapat dilipat.

Menurut DSCC, Apple sedang mendiskusikan laptop lipat berukuran sekitar 20 inci dengan perusahaan pemasok layar.

Analis DSCC, Ross Young mengatakan, perangkat itu akan menjadi lini produk baru Apple dan memiliki fungsi ganda. Fungsi pertama, sebagai laptop yang memiliki keyboard layar ketika dilipat.

Fungsi kedua sebagai monitor ketika perangkat dibentangkan. Menurut Young, perangkat ini kemungkinan mendukung resolusi 4K atau bahkan lebih tinggi. Ketika difungsikan sebagai monitor, pengguna memerlukan keyboard eksternal untuk mengoperasikan perangkat.

Mengingat perangkat lipat Apple ini masih dalam tahap pengembangan, jadwal peluncurannya masih cukup lama. Analis itu berkata, laptop lipat Apple kemungkinan dirilis pada 2026 atau 2027.

Reputasi Young sendiri cukup baik terkait berbagai bocoran produk baru Apple. Sebab, beberapa prediksinya terbukti benar. Seperti soal layar ProMotion di iPhone 13 Pro hingga layar mini LED MacBook Pro 14 dan 16 inci yang disertai ProMotion.

Nasib iPhone lipat

Young juga membagikan bocoran baru terkait iPhone lipat. Smartphone lipat Apple itu kabarnya akan ditunda hingga tahun 2025.

Artinya, ponsel ini mundur lebih lama lagi karena Young sebelumnya berkata iPhone lipat akan diluncurkan pada tahun 2023 atau 2024.

Menurut Young, keputusan ini dilakukan Apple setelah berdiskusi dengan sumber dari rantai pasokan perusahaan. Hal ini juga menunjukkan bahwa raksasa teknologi itu tidak terburu-buru untuk terjun ke pasar perangkat lipat.

Padahal pada September 2020, Samsung disebut telah menyetorkan sample layar lipat ke Apple sebagai bahan pengujian. Rumor lainnya menyebutkan Apple bekerja sama dengan LG Display untuk perangkat lipat perusahaan.

Perangkat lipat sendiri merupakan bagian dari rencana Apple yang bukan sekadar rumor. Sebab, dihimpun KompasTekno dari MacRumors, Kamis (24/2/2022), pengajuan paten Apple menunjukkan bahwa perusahaan sedang meneliti layar lipat yang tahan retak. Rumor terkait hal ini menyebutkan, Apple melakukan tes daya tahan perangkat secara internal.

https://tekno.kompas.com/read/2022/02/25/11020027/apple-siapkan-macbook-dengan-layar-yang-bisa-dilipat-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke