Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aplikasi Video Call Gratis Selain Zoom dan Google Meet

KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19 hampir seluruh aspek kegiatan belajar dan bekerja dilakukan di rumah. Kegiatan meeting dan belajar pun mengandalkan aplikasi video call sebagai media komunikasi jarak jauh. 

Adapun Google Meet dan Zoom menjadi sedikit dari aplikasi video call yang jadi andalan masyarakat selama pandemi untuk bertatap muka secara virtual.

Kedua apilikasi video call tersebut dapat diunduh secara gratis di Play Store maupun App Store serta dapat digunakan melalui ponsel atau PC.

Tapi tahukah Anda, terdapat alternatif aplikasi video conference/call lain yang bisa Anda coba selain Zoom dan Google Meet? Beberapa aplikasi video call satu ini juga bisa diunduh secara gratis.

Apakah saja itu? Berikut ini KompasTekno rangkum beberapa aplikasi video call selain Zoom yang bisa Anda coba.

Aplikasi video call alternatif selain Zoom dan Google Meet adalah Skype for Business. Bisa dibilang, Skype lebih dulu dikenal, jauh sebelum aplikasi Zoom populer.

Skype for Business memiliki beberapa fitur bisnis seperti memungkinkan hingga 250 peserta dalam rapat, terhubung dengan pengguna Skype lainnya, dan kemampuan papan tulis virtual. Jika Anda tertarik, Anda dapat mengunduhnya di laman berikut ini.

Slack menjadi aplikasi video call atau konferensi video alternatif berikutnya. Slack sejatinya adalah aplikasi perpesanan bagi para pekerja. Sehingga fitur yang dimiliki, difokuskan untuk menunjang pekerjaan, termasuk fitur video call.

Slack memiliki fitur konferensi video yang terintegrasi. Fitur ini merupakan fitur tambahan dari aplikasi Slack yang sebelumnya belum memiliki fitur video conference.

Fitur ini meluncur pada tahun 2021 dan dapat digunakan hingga 15 orang saat melakukan panggilan. Untuk mengunduhnya, Anda dapat melalui link berikut ini. 

Aplikasi video call atau konferensi video berikutnya adalah BigBlueButton. BigBlueButton merupakan aplikasi video call buatan dari Universitas Carleton Ottawa, Kanada yang diluncurkan pada tahun 2007. Aplikasi satu ini ditujukan sebagai video conference pembelajaran secara online.

Adapun beberapa fitur meliputi layar audio dan video, fitur merekam video, breakout room, alat kolaborasi seperti papan tulis, catatan bersama, dan polling. Anda dapat mengakses BigBlueBotton pada link berikut ini

Aplikasi video call atau konferensi video selanjutnya adalah BlueJeans. BlueJeans merupakan aplikasi konferensi web yang memiliki fitur terintegrasi dengan berbagai alat kolaborasi.

BlueJeans menggunakan sistem rapat, ruang, dan acara untuk memungkinkan melakukan video call di mana saja. Untuk mengunduhnya, Anda dapat mengunjungi laman resmi BlueJeans berikut ini 

Selain Zoom dan Google Meet, aplikasi video call alternatif yang layak dicoba adalah Whereby. Fitur video call Whereby hanya dapat diakses lewat browser di https://whereby.com/.

Layanan video call ini sangat ideal untuk organisasi kecil yang menginginkan metode sederhana untuk menghubungkan anggota tim.

Whereby juga praktis dan efisien karena tidak perlu men-download aplikasinya, mendaftar, maupun login menggunakan username atau password.

Fitur-fitur aplikasi seperti berbagi layar, streaming konferensi ke YouTube live, fitur raise hand, dan masih banyak lainnya.

Jika Anda tertarik menggunakannya, Anda dapat mengakses aplikasi ini melalui browser atau juga diunduh di ponsel dan PC Anda lewat laman berikut ini. 

Itulah beberapa daftar aplikasi video call selain Zoom dan Google Meet yang dapat digunakan secara gratis. Semoga membantu.

https://tekno.kompas.com/read/2022/02/27/14450057/aplikasi-video-call-gratis-selain-zoom-dan-google-meet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke