Salin Artikel

Samsung Resmikan Galaxy M33 dan M23, Ini Spesifikasinya

KOMPAS.com - Samsung merilis dua ponsel baru dari lini Galaxy M, yaitu Galaxy M33 dan M23. Kedua ponsel ini sudah muncul di situs resmi Samsung.  Sementara Galaxy M33 sudah muncul di situs TKDN Kemenperin.

Hal ini menjadi indikasi bahwa ponsel tersebut kemungkinan diluncurkan di Indonesia. Lantas bagaimana desain dan spesifikasinya?

Desain kedua ponsel ini terbilang mirip, utamanya ketika dilihat dari tampilan depan. Sebab, keduanya hadir dengan layar berponi (notch) jenis tetesan air (waterdrop). Di bagian belakang, terdapat kamera dengan desain "boba" layaknya lini iPhone terbaru.

Tampilannya bahkan terbilang familiar karena tidak jauh berbeda dengan Galaxy M lainnya.

Beberapa spesifikasi dari Galaxy M33 dan M23 juga dibuat sama, seperti ukuran layar yang sama-sama 6,6 inci hingga kamera utama 50 MP.

Meski begitu, terdapat pula beberapa perbedaan dari keduanya, misalnya dari sisi kapasitas baterai hingga RAM-nya. Berikut rincian spesifikasi Galaxy M33 dan M23.

Spesifikasi Galaxy M33

Galaxy M33 memiliki dimensi 165,4 x 76,9 x 9,4 mm dan bobot 215 gram. Bobotnya cukup besar dibanding ponsel pada umumnya, karena ponsel ini mengemas baterai dengan daya cukup besar, yaitu 6.000 mAh.

Sektor baterai sendiri memang menjadi salah satu fitur yang diunggulkan Samsung untuk lini Galaxy M, sehingga mayoritas ponsel seri tersebut mengemas baterai yang besar.

Beralih ke sektor kameranya, Galaxy M33 dibekali empat kamera belakang. Susunan kameranya bahkan terlihat seperti kamera boba yang populer sejak iPhone 11. Konfigurasinya terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8), ultra wide 5 MP (f/2.2), sensor kedalaman 2 MP (f/2.4) dan sensor makro 2 MP (f/2.2).

Untuk menunjang aktivitas selfie, Galaxy M33 menawarkan kamera depan 8 MP (f/2.2).

Samsung belum merinci chipset yang digunakan oleh Galaxy M33, namun chip ini mengemas prosesor octa-core dengan clock speed 2,4 GHz dan 2 GHz.

Ponsel ini menawarkan dua opsi RAM/penyimpanan, yaitu 6/128 GB dan 8/128 GB. Memori internalnya dapat diperluas hingga 1 TB menggunakan microSD.

Fitur lainnya yang melengkapi Galaxy M33 yaitu jaringan 5G, sensor fingerprint, serta fitur keamanan Samsung Knox. Ponsel ini berjalan dengan sistem operasi Android 12 dan antarmuka (UI) One UI 4.1.

Samsung Galaxy M33 tersedia dalam tiga varian warna, yaitu hijau, biru dan coklat. Namun Samsung belum mengumumkan ketersediaan maupun harga dari perangkat barunya ini.

Spesifikasi Galaxy M23

Galaxy M23 hadir dengan baterai yang lebih kecil, yaitu 5.000 mAh. Oleh karena itu, dimensi dan bobotnya juga lebih ramping dibanding M33.

Dimensi Galaxy M23 yaitu 165,5 x 77 x 8,4 mm dan bobot 198 gram. Sementara layarnya sama seperti M33, dengan bentang 6,6 inci dan reolusi FHD+ (1080 x 2408).

Sektor kameranya terdiri dari tiga kamera belakang, mecakup resolusi 50 MP (f/1.8) sebagai kamera utama, ultra wide 8 MP (f/2.2) dan sensor kedalaman 2 MP (f/2.4). Untuk kamera depannya, Galaxy M23 menyediakan kamera beresolusi 8 MP (f/2.2).

Untuk dapur pacunya, Samsung tidak mengungkap secara rinci chipset yang digunakan pada Galaxy M23. Namun dihimpun KompasTekno dari situs resmi Samsung, Sabtu (5/3/2022), chipset ponsel ini memiliki prosesor octa-core dengan clockspeed 2,2 GHz dan 1.8 GHz.

Performa ponsel ini juga ditunjang dengan RAM berkapasitas 4 GB dan memori internal 128 GB. Samsung tidak menyediakan opsi RAM lebih besar, sementara untuk penyimpanannya dapat ditambah menggunakan microSD hingga 1 TB.

Sama seperti Galaxy M33, fitur lainnya yang melengkapi Galaxy M23 yaitu jaringan 5G, sensor fingerprint, serta fitur keamanan Samsung Knox. Ponsel ini juga berjalan dengan sistem operasi Android 12 dan antarmuka (UI) One UI 4.1.

Galaxy M23 tersedia dalam warna hijau dan biru. Namun Samsung belum mengumumkan ketersediaan maupun harga dari ponsel ini.

Meski telah muncul di situs TKDN Kemenperin, namun belum ada konfirmasi dari Samsung terkait kapan Galaxy M33 hadir di pasar Tanah Air.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/05/12420017/samsung-resmikan-galaxy-m33-dan-m23-ini-spesifikasinya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.