Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menjajal Oppo A76, Ponsel Rp 3 Jutaan dengan Baterai Besar

KOMPAS.com - Oppo resmi meluncurkan smartphone terbaru Oppo A76 di Indonesia. Sebagai suksesor dari Oppo A74 yang diluncurkan tahun lalu, Oppo A76 hadir dengan sejumlah peningkatan.

Misalnya dari sisi dapur pacu yang menggunakan prosesor baru, hingga baterai besar 5.000 mAh dengan dukungan pengisian ulang cepat dengan output lebih besar.

Meski demikian, tampilan Oppo A76 dengn A74 cukup mirip, karena mengemas layar berlubang (punch hole) untuk menampung kamera selfie. Namun modul kamera belakangnya didesain berbeda, karena jumlah kamera kedua ponsel ini juga tak sama.

Di Indonesia, Oppo A76 hadir dalam pilihan warna Glowing Black dan Glowing Blue. Kini KompasTekno berkesempatan menjajal Oppo A76 dalam warna Glowing Black. Seperti apa pengalaman kami menjajal ponsel ini? berikut ulasannya.

Isi kemasan Oppo A76

Seperti Oppo A95, Oppo A76 juga dikemas dengan boks berwarna toska bertuliskan huruf A dalam ukuran cukup besar. Boks ini turut mencantumkan nama perangkat yaitu Oppo A76 di sudut bawah dan bagian samping kotak.

Pada bagian belakangnya, terdapat penjelasan beberapa spesifikasi perangkat termasuk SuperVOOC 33 Watt hingga baterai 5.000 mAh.

Ada pula informasi mengenai warna perangkat, RAM, memori internal, IMEI, detail produsen ponsel dan beberapa informasi lainnya.

Adapun isi kemasannya mencakup unit Oppo A76, lembar petunjuk penggunaan singkat, kartu garansi, softcase berwarna transparan dan SIM ejector.

Ada pula kabel USB tipe C dan adaptor yang mendukung output hingga 33 Watt untuk mengisi ulang daya ponsel.

Desainnya minimalis

Oppo A76 tampil minimalis dengan punggung aksesn doff sehingga tidak mengkilat. Desain penampangnya juga tak begitu neko-neko, karena tanpa efek gradasi atau efek lainnya. Dengan begitu, ponsel ini dapat digunakan pengguna lintas gender.

Pada punggung Oppo A76 juga terdapat modul kamera berbentuk persegi panjang dengan sudut diagonal.

Modul ini menampung kamera belakang ponsel yang terdiri dari dua kamera, yaitu kamera utama 13 MP (f/2.2) dan kamera bokeh 2 MP (f/2.4) serta lampu LED flash.

Jumlah kamera belakang itu lebih sedikit dibanding Oppo A74 yang dilengkapi 3 kamera belakang, atau A74 5G dengan 4 kamera belakang.

Dalam modul kamera Oppo A76 terdapat tulisan AI Dual Camera, menunjukkan bahwa kamera tersebut didukung dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

Namun modul kamera ini dedesain menonjol sehingga mungkin bisa bersinggungan langsung dengan permukaan meja, lantai, atau lainnya.

Pada dasarnya, desain ini membuat punggung ponsel mudah tergores saat diletakkan tanpa softcase. Beruntung Oppo menyertakan softcase dalam paket pembelian utuk melindungi kamera dari risiko berbahaya. Softcase ini juga dirancang untuk menutupi area modul kamera.

Punggung Oppo A76 juga dihiasi dengan penulisan merek Oppo yang dicetak secara vertikal di penampang ponsel.

Secara fisik penampangnya terasa nyaman digenggam karena tidak meninggalkan efek licin. Mengingat tekstur penampang dibuat dengan finishing doff, bekas genggaman sidik jari atau kotoran berminyak juga tidak mudah tertinggal di punggung ponsel.

Beralih ke tampilan depannya, Oppo A76 dibekali layar LCD 6,56 inci (1612 x 720/HD+). Layarnya didesain berlubang untuk mengakomodasi kamera depan 8 MP. Lubang layarnya sendiri diposisikan di sudut kiri atas layar, sama seperti lubang layar Oppo A74.

Ukurannya dirancang cukup ramping sehingga tidak begitu mengganggu tampilan layar, ditambah bezel layar yang cukup tipis untuk menambah kesan tampilan yang luas.

Secara fisik, Oppo A76 memiliki tinggi 164,4 mm, lebar 75,7 mm, ketebalan 8,4 mm dan bobot 189 gram. Dimensi dan bobotnya terbilang standar, sehingga cukup nyaman digenggam maupun dioperasikan menggunakan satu tangan.

Tampilan antarmukanya juga tergolong halus saat digeser atau menjelajah menu, berkat dukungan layar dengan refresh rate 90 Hz.

Soal penempatan tombolnya agak menarik. Sebab, Oppo A76 hadir dengan tombol volume di sisi kiri ponsel

Padahal banyak ponsel mendesain tombol volume berdampingan dengan tombol power di sisi kanan ponsel. Ada pula slot kartu SIM ganda dan microSD tepat di samping tombol volume.

Sementara itu tombol daya diletakkan di kanan ponsel dan didesain cukup ramping karena sekaligus mengakomodasi sensor pemindai sidik jari.

Tepat di atas layar, terdapat speaker dan mikrofon untuk menunjang berbagai aktivitas pengguna. Komponen yang sama juga ditempatkan di bawah ponsel, termasuk port USB tipe C, jack audio 3,5 mm.

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa melihat tampilan Oppo A76 dari berbagai sisi melalui tautan berikut ini.

Spesifikasi Oppo A76

Oppo A76 menjadi ponsel pertama dari seri A yang didukung fast charging SuperVOOC 33 Watt.

PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto mengungkapkan teknologi SuperVOOC sebelumnya hanya hadir di lini ponsel flagship Oppo Find series dan lini ponsel menengah atas Reno series.

Dengan teknologi SuperVOOC baru ini, baterai 5.000 mAh pada Oppo A76 diklaim dapat terisi 50 persen dalam 31 menit atau terisi 100 persen dalam waktu sekitar satu jam.

Untuk layar, Oppo A76 mengusung layar berukuran 6,56 inci dengan resolusi HD Plus (720 x 1.612 piksel). Layar tersebut mendukung refresh rate 90 Hz dengan touch sampling rate 180 Hz.

Di sisi kiri atas layar terdapat punch hole yang memuat kamera selfie 8 MP (f/2.0). Di bagian belakang, Oppo A76 memiliki modul kamera berbentuk persegi panjang sebagai rumah dari dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 13 MP (f/2.2) dan kamera bokeh 2 MP (f/2.4).

Sektor dapur pacu Oppo A76 sendiri ditenagai System-on-Chip (SoC) Qualcomm Snapdragon 680 yang diluncurkan pada Oktober 2021. Chip ini dirancang dengan arsitektur 6nm dan diklaim menawarkan efisiensi daya hingga 20 persen, sehingga memperpanjang masa pakai baterai.

Di Indonesia, Oppo A76 hanya tersedia dalam satu pilihan RAM dan penyimpanan internal, yaitu 6/128 GB. Baik RAM maupun penyimpanan internal Oppo A76 sudah dibekali dengan fitur ekspansi.

Misalnya, Oppo menyertakan fitur RAM Expansion hingga 5 GB. Jadi, total RAM yang bisa dinikmati pengguna Oppo A76 mencapai 11 GB. Sementara di sisi penyimpanan internal, pengguna bisa menambah kapasitasnya hingga 1 TB dengan kartu microSD.

Tak hanya itu, Oppo juga menyertakan fitur ROM Expansion pada Oppo A76. "Ini adalah pertama kalinya kami memiliki fitur ROM Expansion. Fitur ini akan membantu konsumen untuk mendapatkan penyimpanan internal yang lebih luas lagi," kata Aryo.

Secara teknis, fitur ROM Expansion menggunakan kecerdasan buatan yang bisa mengoptimalkan penyimpanan internal secara otomatis, dengan cara mengalihkan penyimpanan data aplikasi media sosial berukuran besar ke microSD.

Oppo A76 menjalankan sistem operasi Android 11 dengan dilapisi antarmuka khas Oppo, Color OS 11.1.

Ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan sertifikasi anti-air dan debu IP54. Di Indonesia, Oppo A76 hadir dalam pilihan warna Glowing Black dan Glowing Blue dengan harga jual Rp 3.399.000 untuk konfigurasi 6/128 GB.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/06/14030007/menjajal-oppo-a76-ponsel-rp-3-jutaan-dengan-baterai-besar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke