Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Layanan Biznet Dikeluhkan Down, Ini Penyebabnya

KOMPAS.com - Layanan internet Biznet dialporkan sejumlah pengguna mengalami down atau gangguan di sejumlah daerah di Indonesia sejak Senin pagi sekitar pukul 10.00 WIB. Kendala ini juga dikeluhkan oleh pengguna Biznet melalui media sosial Twitter.

Sebagian besar pengguna Biznet mereka mengeluhkan gangguan internet Biznet yang lambat hingga tidak dapat mengakses sejumlah situs seperti Google Search dan masuk akun Google.

Salah satu keluhan diunggah oleh akun dengan handle @alvinoagitap. Dia mengeluhkan akses internet Biznet yang mengalami RTO secara terus menerus.

RTO sendiri adalah singkatan dari Request Time Out, yaitu kondisi ketika komputer server tidak merespons perintah setelah beberapa waktu.

Warganet dengan handle @MrKiboooy juga mengeluhkan hal yang sama disertai tangkapan layar (screenshot) dari sistem di Windows dan mention akun resmi Biznet. "@BiznetHome halo halo ada apa nih biznet" katanya.

"Halo @biznet kenapa kok koneksi internetnya lambat banget ya kalau buka Google dan Gmail?" kata warganet dengan handle @YukeIsyanti.

Pantauan KompasTekno dari situs Downdetector, gangguan layanan internet Biznet dilaporkan pengguna mulai sekitar pukul 10.00 WIB. Di waktu yang bersamaan, pengguna juga melaporkan layanan Google dan YouTube Down.

Gangguan layanan Biznet berlangsung cukup lama. Berdasarkan pantauan di situs Downdetector dan media sosial,  laporan gangguan Biznet juga masih terlihat hingga pukul 16.00, meski trennya menurun.

Lokasi yang paling banyak dilaporkan mengalami gangguan internet Biznet antara lain Kota Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Bekasi, Kudus, Denpasar, Semarang hingga Purwokerto.

Secara umum, masalah yang paling banyak dikeluhkan adalah gangguan internet hingga tidak dapat mengkases situs web.

Penyebab gangguan layanan Biznet

Dihubungi KompasTekno, Senin (7/3/2022), pihak Biznet mengonfirmasi adanya gangguan layanan. Adi Kusma, President Director Biznet menyatakan bahwa kendala ini terjadi karena adanya kendala pada perangkat jaringan internasional perusahaan.

"Sehubungan dengan kendala yang terjadi pada hari Senin, 7 Maret 2022, bersama ini kami ingin menyampaikan permohonan maaf atas kendala yang terjadi. Kendala ini dikarenakan adanya gangguan pada perangkat jaringan Internasional kami," kata Adi dalam pernyataan resmi yang diterima KompasTekno, Senin (7/3/2022)

Saat ini, tim Biznet mengeklaim sedang melakukan upaya perbaikan. Sementara itu, Biznet menyebut bahwa pelanggannya masih dapat menikmati layanan internet domestik.

"Untuk menindaklanjuti kendala ini, tim kami di lapangan sedang melakukan upaya perbaikan yang diharapkan bisa selesai dalam waktu deka," kata Adi.

"Pelanggan masih dapat menikmati layanan akses Internet domestik yang terhubung dengan server-server lokal yang ada di Indonesia, sehingga kendala ini hanya terjadi untuk layanan akses Internet ke server Internasional," imbuhnya.

Menurut pantauan KompasTekno, saat ini layanan internet Biznet berangsur pulih. Meski demikian, tampaknya gangguan masih dialami oleh beberapa pelanggan.

Sebab, beberapa pengguna Biznet masih menyampaikan kendala akses layanan internet di Twitter maupun situs Downdetector.

Di kolom komentar situs Downdetector sejam terakhir, beberapa pengguna mengaku layanan internet Biznet telah mengalami down selama 6 jam.

Sementara itu, pada pukul 17.05 WIB, laporan tentang layanan Biznet down tinggal tersisa 27 laporan. Jumlah ini menurun drastis dari pukul 10.30 yang mencapai 599 laporan.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/07/17362177/layanan-biznet-dikeluhkan-down-ini-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke