Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Salin Artikel

HP Murah Samsung Bakal Dijual tanpa Charger?

Apple mengatakan bahwa charger dalam kotak penjualan dihilangkan adalah demi mengurangi limbah elektronik.

Namun, pengamat industri Ming-chi Kuo, menyebut Apple sengaja menghilangkan kedua aksesoris itu untuk mengimbangi biaya yang dikeluarkan untuk mengadopsi kemampuan jaringan 5G.

Strategi ini kemudian diadopsi oleh sejumlah vendor lain, salah satunya adalah Samsung yang menghilangkan charger dalam kotak pembelian Galaxy S series.

Tren smartphone yang dijual tanpa charger ini tampaknya akan mulai meluas ke ponsel entry-level, atau ponsel yang harganya murah dari Samsung.

Indikasi ini muncul melaui bocoran dari ritel di Eropa yang mendapati beberapa smartphone Samsung didistribusikan tanpa kepala charger dalam kotak atau paket pembeliannya.

Sumber itu menyebutkan bahwa ponsel yang dijual tanpa charger termasuk seri Galaxy A13 dan Galaxy A23.

Keduanya merupakan ponsel entry-level yang belum lama ini diluncurkan Samsung. Tak hanya dua seri itu, Samsung baru-baru ini juga meluncurkan Galaxy A13 dan Galaxy A03s di Amerika Serikat (AS).

Keduanya diluncurkan tanpa kepala charger, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (8/3/2022). Jadi, dalam paket penjualannya, konsumen hanya mendapatkan unit ponsel, kabel USB dan SIM ejector.

Selain beberapa ponsel di atas, bocoran lainnya dari tipster Yoges Brar mengatakan bahwa Galaxy A dan M baru akan dijual tanpa charger. "Tidak ada charger dalam kotak untuk model Galaxy M & A series yang akan datang," ujarnya melalui akun Twitter dengan handle @heyityogesh.

Mulai hilang sejak Galaxy S21

Tren smartphone yang dijual tanpa charger mulai dipopulerkan oleh Apple saat meluncurkan iPhone 12 series pada tahun 2020.

Apple berdalih keputusan itu diambil untuk menjaga lingkungan dari sampah elektronik. Saat itu, beberapa vendor ponsel termasuk Samsung mengejek keputusan Apple.

Meski demikian, Samsung pada akhirnya mengikuti cara Apple. Raksasa teknologi asal Korea Selatan ini mulai menjual smartphone tanpa charger saat meluncurkan Galaxy S21 series pada awal tahun 2021. Alasannya serupa dengan Apple, untuk menjaga lingkungan.

Cara yang sama juga mulai diikuti merek lain seperti Xiaomi, untuk smartphone flagship perusahaan.

Bagi Samsung, smartphone yang dijual tanpa charger juga hanya berlaku untuk ponsel flagship, seperti Galaxy S series.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/08/12300027/hp-murah-samsung-bakal-dijual-tanpa-charger-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke