Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Setop Jual iPhone di Rusia, Segini Kerugian Apple Per Hari

Namun, keputusan tersebut tampaknya harus dibayar oleh perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat ini dengan potensi kerugian materiil hingga jutaan dollar AS per hari.

Setidaknya begitulah menurut perhitungan dari Burga, produsen pembuat casing smartphone yang berbasis di Lithuania.

Dalam laporan Burga, Apple diestimasikan berpotensi kehilangan pemasukan (revenue) sebesar 3 juta dollar AS setiap harinya gara-gara berhenti menjual iPhone di Rusia. Angka itu setara dengan Rp 43,2 miliar.

Bila, iPhone tak dijual selama satu tahun di Rusia, maka Apple berpotensi kehilangan pemasukan hingga 1,14 miliar dollar AS atau sekitar Rp 16,4 triliun.

Di Rusia, Apple memang memiliki pangsa pasar yang cukup banyak. Itulah mengapa Apple sempat menyebut Rusia sebagai salah satu wilayah pasar yang menjanjikan.

Menurut data IDC, perusahaan rintisan Steve Jobs berada di peringkat tiga sebagai vendor smartphone terbesar di Rusia, dengan menguasai 15 persen pangsa pasar ponsel pada kuartal III-2021, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Blog Burga, Selasa (8/3/2022).

Bila prediksi Burga benar, potensi kerugian 1,14 miliar dollar AS yang dirasakan Apple gara-gara tak menjual produknya di Rusia itu diprediksi tak akan berpengaruh secara signifikan pada keuangan Apple.

Hal ini mengingat kinerja keuangan Apple yang positif sepanjang tahun 2021. Menurut data Statista, Apple berhasil mencetak rekor baru dengan membukukan pendapatan sebesar 365,82 miliar dollar AS atau setara Rp 5.263 triliun sepanjang tahun fiskal 2021.

Yang paling baru, Apple melaporkan bahwa perusahaan berhasil mendapatkan revenue 123,9 miliar dollar AS (sekitar Rp 1.782 triliun) untuk kuartal I tahun fiskal 2022 yang berakhir pada 25 Desember 2021.

Angka pendapatan tiga bulanan tersebut 120 kali lipat lebih besar dari potensi kerugian 1,14 miliar dollar AS bila Apple tak menjual produknya di Rusia selama satu tahun, sebagaimana diungkap Burga tadi.

Itulah mengapa keputusan hengkanya Apple dari pasar Rusia diprediksi tak akan berpengaruh banyak pada keaungan perusahaan.

Namun, kepastian dampak dari keputusan tersebut baru bisa dipastikan pada laporan keuangan di kuartal selanjutnya.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/08/14020077/setop-jual-iphone-di-rusia-segini-kerugian-apple-per-hari

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.