Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lokasi Tidak Muncul di Google Maps? Begini Cara Mencarinya

KOMPAS.com - Nama sebuah lokasi atau tempat tidak selalu muncul di Google Maps. Alasannya, karena informasi lokasi tersebut belum ditambahkan, baik oleh Google Maps sendiri maupun pengguna sebagai relawan pihak ketiga.

Bagi sebagian orang mungkin bakal mengalami kesulitan saat mencari sebuah lokasi yang belum muncul atau terdata di Google Maps. Lokasi yang terdata di Google Maps biasanya ditandai dengan simbol pin dan nama dalam peta.

Sedangkan peta tidak akan memunculkan simbol dan nama tersebut pada lokasi yang belum terdata. Meski lokasi tidak muncul di Google Maps, pengguna tetap bisa mencari asalkan memiliki titik koordinatnya.

Titik koordinat Google Maps merupakan garis lintang dan bujur yang digunakan Global Positioning System untuk menentukkan letak lokasi pada peta. Setiap lokasi pasti memiliki titik koordinat di Google Maps.

Dengan fungsi titik koordinat tersebut, Anda tidak perlu khawatir untuk mencari simbol dan nama lokasi yang tidak muncul di Google Maps. Anda bisa memasukkan titik koordinat dari lokasi tersebut di Google Maps untuk mencarinya.

Cara memasukkan titik koordinat di Google Maps cukup mudah. Anda hanya perlu memiliki titik koordinat dari lokasi tersebut terlebih dahulu. Selengkapnya, berikut cara memasukkan titik koordinat di Google Maps:

  • Buka aplikasi Google Maps di ponsel Anda, atau bisa juga lewat Google Maps versi web
  • Masukkan titik koordinat yang telah Anda dapatkan tadi di kolom pencarian.
  • Format titik koordinat yang bisa dimasukkan antara lain Derajat Desimal (DD); Derajat, Menit, dan Detik (DMS); Derajat dan Menit Desimal (DMM)
  • Contoh titik koordinat dengan format DD: 41.40338, 2.17403
  • Contoh titik koordinat dengan format DMS: 41°24'12.2"N 2°10'26.5"E
  • Contoh tiitk koordinat dengan format DMM: 41 24.2028, 2 10.4418

Setelah titik koordinat tersebut telah dimasukkan, Google Maps bakal mulai melakukan proses pencarian dan menunjukkan lokasinya ke Anda. Kemudian, Anda bisa mulai mengatur rute perjalanan ke lokasi tersebut.

Apabila telah memiliki titik koordinat mungkin bisa langsung mencari lokasi yang tidak muncul di Google Maps. Namun, bagaimana jika lokasi tidak muncul dan tidak diketahui titik koordinatnya?

Tenang, ada cara mencari titik koordinat di Google Maps dengan mudah. Seperti telah  dikatakan di awal, setiap lokasi pasti memiliki titik koordinat di Google Maps.

Anda bisa langsung melihat titik koordinat di Google Maps dari sebuah lokasi tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Berikut cara mencari titik koordinat di Google Maps, sebagaimana dilansir laman resmi dukungan Google, Selasa (8/3/2022).

Cara di atas dijajal KompasTekno menggunakan aplikasi Google Maps di ponsel iPhone dengan versi sistem operasi iOS 15.3.1. Beda platform Google Maps, model ponsel, dan versi sistem operasi, mungkin bakal beda juga letak opsinya.

Itulah cara melihat titik koordinat di Google Maps untuk mencari lokasi yang tidak terdata, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/08/17150087/lokasi-tidak-muncul-di-google-maps-begini-cara-mencarinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke