Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Google Rilis Fitur Peringatan Serangan Udara di HP Android Warga Ukraina

KOMPAS.com - Sejumlah perusahaan teknologi Amerika Serikat (AS) terus memberikan bantuannya kepada Ukraina, pasca negara tersebut diinvasi oleh Rusia.

Paling terbaru, Google resmi menggelontorkan fitur peringatan serangan udara (Air Raid Alerts) ke seluruh ponsel dengan sistem operasi (OS) Android yang ada di Ukraina.

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan warga Ukraina untuk meningkatkan kewaspadaannya agar bisa segera menyelamatkan diri, apabila wilayah atau tempat tinggalnya menjadi target dari aneka serangan udara yang dilancarkan Rusia.

"Berdasarkan permintaan dan bantuan pemerintah Ukraina, kami telah menggelontorkan fitur Air Raid Alerts System untuk seluruh ponsel Android di Ukraina," tulis Google dalam blog resminya terkait bantuan kepada Ukraina yang terus diperbarui.

Google melanjutkan, fitur ini bakal bekerja secara bersamaan dengan sistem pemantau serangan udara yang sudah dimiliki Ukraina.

Nantinya, peringatan yang bakal dimunculkan Google juga bakal mengacu pada informasi yang telah disampaikan oleh pemerintah Ukraina terkait adanya serangan udara.

Sebelumnya, fitur Air Raids Alerts sendiri sudah hadir di sebuah aplikasi yang bernama "Ukrainian Alarm", yang bisa diunduh warga Ukraina lewat Google Play Store.

Aplikasi tersebut dibuat oleh para pengembang aplikasi di Ukraina, dengan bantuan pemerintah Ukraina untuk menghadirkan fitur pengingat serangan udara. 

Google pun membantu aplikasi tersebut agar terlihat di halaman depan Google Play Store, supaya warga Ukraina memasangnya demi meningkatkan kewaspadaan terhadap serangan udara yang berpotensi terjadi kapan saja.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/11/10150097/google-rilis-fitur-peringatan-serangan-udara-di-hp-android-warga-ukraina

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke