Salin Artikel

Instagram Bikin Portal Belajar Jadi Selebgram

Kehadiran Creator Lab diumumkan langsung oleh CEO Instagram Adam Mosseri melalui sebuah unggahan video di akun Instagram pribadinya.

"Minggu ini kami mengumumkan 'Creator Lab', yang diprogram untuk kreator dan oleh kreator," kata Mosseri dalam video.

Secara umum, program ini berisi informasi, tips, dan pelajaran untuk para kreator konten di Instagram terkait hal-hal yang, menurut Mosseri, "ingin dipelajari sejak awal berkarier sebagai influencer".

Mulai dari strategi konten dan pembuatannya, algoritma Instagram, hingga menjual produk dan bermitra dengan brand.

Mosseri mengungkapkan, program Creator Lab ini memang sengaja dibangun karena kreator adalah komunitas penting di Instagram.

"Kami percaya bahwa mereka adalah aktor pendorong perkembangan budaya lebih maju, membangun tren dan menetapkan norma-norma baru," kata dia.

Di sana, pengguna bisa melihat tiga topik pelajaran, yaitu Express Yourself (mengekspresikan diri), Build Community (membangun komunitas), dan Grow long-term (tumbuh untuk jangka panjang).

Pelajaran dari setiap topik tersebut dibawakan oleh para influencer dan kreator konten Instagram yang terpilih. Isi pelajaran juga berangakt dari pengalaman mereka selama menjadi influencer di Instagram.

Pelajaran maupun insight yang ada di Creator Lab ini disajikan dalam bentuk video pendek dengan durasi kurang lebih 4 menit.

Untuk topik "Express Yourself", influencer dan kreator bisa mendapatkan insight terkait bagaimana menentukan alasan berkarier sebagai influencer dan mencari keunikannya.

Kreator juga akan diberi informasi mengenai strategi membangun konten, berkesperimen dengan tools kreatif yang ada di Instagram, dan menyempurnakan konten bikinannya.

Di topik "Build Community", influencer dan kreator konten bisa belajar bagaimana berkolaborasi dengan kreator lainnya di Instagram, mengetahui audiens sehingga bisa berhubungan (engage) dan menjaga komunitas penggemar, serta menjaga batasan meski berkarier sebagai influencer.

Terakhir di topik "Grow long-term", ada beberapa pelajaran atau insight yang bisa diambil influencer agar bisa mengubah influencer dari minat menjadi karier yang menghasilkan uang.

Mulai dari mitos dan fakta terkait algoritma Instagram, menjual produk, bekerja sama dengan brand, serta memonetisasi konten.

Di sini, kreator konten juga bisa mendapatkan pencerahan bagaimana rasanya menjadi influencer secara full-time dan tips menghindari burnout saat menjadi influencer.

Burnout sendiri adalah semacam stres, kebosanan atau frustasi yang dapat menyebabkan seseorang merasa letih, mudah tersinggung, dan nyeri di sana sini.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari blog resmi Instagram, Jumat (11/3/2022), Instagram bakal menyajikan lebih banyak topik di Creator Lab ke depannya, untuk membantu influencer dan kreator mendapatkan insight dan pelajaran baru.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/11/11030097/instagram-bikin-portal-belajar-jadi-selebgram

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.