Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu Accent Challenge yang Ramai di TikTok?

KOMPAS.com - Berbagai tren di TikTok memang tidak ada habisnya. Mulai dari tren tarian atau dance, lagu atau sound yang sedang ramai digunakan, hingga berbagai konten lainnya. Salah satu yang sedang trending saat ini adalah konten “Accent Challenge”.

Lantas apa itu “Accent Challenge” yang sedang viral di TikTok? “Accent Challenge” merupakan konten yang menampilkan pengguna memperagakan aksen pelafalan kata tertentu, dengan logat daerah mereka masing-masing di Indonesia.

Tidak hanya berbagai aksen/logat daerah di Indonesia, “Accent Challenge” juga dibuat oleh berbagai pengguna dari luar negeri, dengan menampilkan aksen dari berbagai negara asalnya, seperti aksen British, aksen Thailand, asksen Jepang dan lain sebagainya.

Di TikTok sendiri, per minggu lalu, “Aksen Challenge” telah diposting sebanyak 88,3 juta pengguna TikTok dengan mayoritas pengguna TikTok berasal dari Indonesia.

Meskipun aksen yang ditampilkan lebih banyak memposting aksen Jawa, namun banyak pengguna TikTok lain yang juga menunjukkan berbagai aksen dari daerah asalnya seperti Betawi, Manado, Madura, hingga Bali. 

Selain menjadi hiburan tersendiri, “Accent Challenge” juga dianggap sebagai konten informatif pengenalan bahasa lokal maupun aksen masing-masing daerah yang belum diketahui pengguna lain sebelumnya.

Sebagai informasi, konten “Accent Challenge” juga tidak sepenuhnya menampilkan aksen dari sebuah pelafalan kata namun juga penyebutan atau nama lain dari istilah tersebut. Postingan ini juga biasanya dilengkapi dengan gambar pendukung pelafalan kata tersebut.

Contoh saja pengguna ingin melafalkan kata "Baterai" dalam aksen Jawa. Maka video tersebut akan menampilkan ilustrasi baterai disertai pengguna yang melafalkan kata "Baterai" dengan aksen khas masyarakat Jawa. 

Awal video "Accent Challange" juga menampilkan intro seperti "OMG your Javanesse accent is so sexy"  kemudian dilanjutkan dengan melafalkan kata-kata tersebut. 

Berikut ini KompasTekno rangkum beberapa contoh “Accent Challenge” yang sedang viral di TikTok.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/14/09310037/apa-itu-accent-challenge-yang-ramai-di-tiktok-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke