Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Ganti Linimasa Twitter Sesuai Keinginan

KOMPAS.com - Twitter telah menghadirkan pembaruan yang memungkinkan pengguna mengatur timeline (linimasa) mereka sesuai keinginan.

Ada dua opsi yang dapat dipilih oleh pengguna. Opsi pertama yaitu membiarkan linimasa diatur sesuai dengan algoritma Twitter. Dengan opsi ini, tweet yang populer akan tampil paling atas.

Opsi kedua, linimasa diatur berdasarkan unggahan terbaru atau disebut kronologis terbalik. Dengan kata lain, cuitan terbaru akan terlihat paling pertama, terlepas dari popularitasnya.

Kedua opsi itu tersedia pada menu dengan ikon yang menyerupai bintang atau kilauan. Lantas bagaimana cara mengubah linimasa Twitter, dari yang paling populer menjadi berdasar urutan waktu, dan sebaliknya?

Dengan demikian, linimasa berdasarkan unggahan terbaru akan kembali ke opsi utama (berdasarkan algoritma), jika pengguna menutup aplikasi dan membukanya kembali di lain waktu.

Amdo juga menegaskan, untuk saat ini tidak ada opsi untuk mengatur linimasa berdasarkan unggahan terbaru sebagai tampilan default.

Menurut keterangan Twitter, opsi untuk mengubah linimasa pada tahap awal tersedia untuk pengguna iOS. Fitur serupa juga dijanjikan segera mendarat pada Twitter versi Android dan web.

Pantauan KompasTekno, Senin (14/3/2022), fitur untuk mengubah tampilan linimasa Twitter itu juga sudah tersedia untuk pengguna Android di Indonesia.

Diuji coba sejak 2016

Dihimpun KompasTekno, Senin (14/3/2022), Twitter pertama kali menghadirkan algoritma linimasa pada tahun 2016 untuk sebagian pengguna. Sementara itu menu bintang yang memungkinkan linimasa sesuai unggahan terbaru, diperkenalkan perusahaan pada tahun 2018.

Pembaruan kali ini sendiri mulai diuji coba Twitter pada Oktober tahun lalu. Dengan diluncurkannya fitur ini, pengguna dapat mengubah urutan linimasa sesuai dengan preferensinya.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/14/11160097/cara-ganti-linimasa-twitter-sesuai-keinginan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke