Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2 Cara Cek Penerima Bantuan BPNT via Situs dan Aplikasi

Bantuan tersebut diberikan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sasaran kartu sembako dengan besaran Rp 600.000.

Untuk memastikan apakah Anda merupakan salah satu penerima bansos BPNT atau tidak, dapat dilakukan pengecekan secara online melalui situs resmi cekbansos.kemensos.go.id.

Bisa juga dilakukan melalui aplikasi Cek Bansos yang dapat diunduh melalui Play Store (Android). Untuk sementara, aplikasi Cek Bansos hanya tersedia di platform Android saja.

Berikut ini KompasTekno rangkum cara cek penerima bantuan BPNT via situs cekbansos.kemensos.go.id dan aplikasi Cek Bansos.

Apabila nama peserta muncul sebagai penerima manfaat, artinya nama tersebut tercantum dalam Data Terpadu Kementerian Sosial (DTKS). Sehingga, nama tersebut bisa mendapatkan bantuan BPNT 2022.

Untuk memastikan lagi apakah Anda termasuk dalam penerima BPNT 2022 atau tidak, maka pastikan dalam kolom status BPNT tertulis “Ya”. 

Apabila cara di atas masih belum memberikan kejelasan, Anda bisa mendatangi kantor Dinas Sosial setempat untuk melakukan pengecekan data.

Adapun penyaluran dana bantuan BPNT 2022 akan diberikan lewat PT Pos Indonesia. Penerima manfaaat BPNT 2022 dapat datang ke kantor pos untuk mencarikan bantuan.

Saat mencairkan bantuan sosial BPNT 2022, penerima manfaat diminta untuk membawa syarat-syarat administrasi, seperti KTP dan Kartu Keluarga (KK) asli. Selain di kantor pos, pencairan dana juga kadang kala dilakukan di titik lain, seperti kantor desa setempat.

Nantinya, warga penerima manfaat akan mendapat informasi lokasi pencairan dari pihak terkait.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/14/15450057/2-cara-cek-penerima-bantuan-bpnt-via-situs-dan-aplikasi-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke