Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

iOS 15.4 Meluncur, Bisa Face ID dengan Masker dan Bawa Emoji Baru

KOMPAS.com - Apple meluncurkan pembaruan sistem operasi iOS terbaru dalam versi 15.4. Melalui pembaruan ini, Apple menghadirkan sejumlah fitur menarik, mulai dari kemampuan pindai wajah meskipun pengguna memakai topeng, hingga emoji baru.

Fitur pemindai wajah atau disebut Face ID, kini mampu mendukung pemindaian wajah, meskipun pengguna mengenakan masker.

Dengan kata lain, pemindaian wajah untuk membuka kunci ponsel tetap dapat dilakukan meskipun beberapa bagian wajah tertutup masker.

Dalam praktiknya, Face ID memanfaatkan area sekitar mata untuk melakukan autentikasi. Oleh karena itu, Face ID akan terkendala ketika pengguna memakai kacamata atau topi yang agak menutupi area sekitar mata.

Apple sendiri menyatakan bahwa dengan mengaktifkan dukungan masker pada Face ID, memang akan mengurangi akurasi proses pemindaian wajah.

Selain membuka kunci layar ponsel, Face ID kini juga dapat dimanfaatkan pengguna saat memakai masker, untuk autentikasi pada aplikasi Apple Pay atau pada browser Safari. Artinya, pengguna dapat memilih opsi Face ID alih-alih memasukkan kata sandi untuk autentikasi.

Emoji baru

Pembaruan lainnya yaitu tambahan 37 karakter emoji baru yang mencakup emoji wajah, gerakan tangan, sampai perabotan rumah tangga. Apple juga menambahkan beberapa opsi warna kulit untuk emoji jabat tangan.

Ada pula pembaruan yang disebut Apple fitur "Tap to Pay". Fitur ini memungkinkan pengguna memanfaatkan NFC pada iPhone yang kompatibel, untuk melakukan pembayaran melalui Apple Pay.

Soal ketersediaannya, iOS 15.4 akan tersedia untuk semua perangkat yang kompatibel dengan iOS 15 (iPhone 6S atau lebih baru).

iPadOS 15.4 dan macOS 12.3

Tak hanya iOS 15.4, Apple juga menghadirkan pembaruan iPadOS 15.4 dan macOS 12.3. Keduanya kini dilengkapi dengan fitur "Universal Control".

Fitur itu semacam integrasi yang memungkinkan pengguna memakai keyboard dan mouse Mac untuk mengendalikan iPad.

Dengan integrasi ini, pengguna dapat menyalin atau memindah berbagai data atau dokumen dengan mudah, baik dari Mac ke iPad maupun sebaliknya.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (15/3/2022), pembaruan iPadOS 15.4 akan tersedia untuk semua model iPad Pro, iPad Air generasi kedua atau lebih baru, iPad mini generasi keempat atau lebih baru, serta semua iPad generasi kelima atau iPad generasi terbaru.

Sementara pembaruan macOS Monterey 12.3 akan tersedia untuk iMac yang diluncurkan akhir 2015 atau lebih baru, iMac Pro (mulai generasi 2017), Mac Pro (mulai 2013), Mac Mini (mulai akhir 2014), MacBook Pro (mulai gen awal 2015), MacBook Air (mulai awal 2015) hingga MacBook (mulai 2016).

Cara update

Untuk mengunduh pembaruan iOS 15.4 atau iPadOS 15.4, pengguna dapat membuka menu Setting > General > Software Update.

Sementara untuk pembaruan macOS 12.3, pengguna dapat membuka menu System Preferences > Software Update.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/15/07454077/ios-154-meluncur-bisa-face-id-dengan-masker-dan-bawa-emoji-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke