Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Daftar dan Menggunakan PCare BPJS Kesehatan serta Fitur Vaksinasi Covid-19

PCare BPJS Kesehatan merupakan platform berbasis situs web, yang disediakan BPJS Kesehatan untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), seperti Puskesmas, Klinik Pratama, dan Dokter Praktik Mandiri.

PCare BPJS Kesehatan memiliki sistem informasi terintegrasi yang mencakup beberapa data, antara lain seperti data kepesertaan, riwayat pelayanan kesehatan, data rujukan, dan sebagainya.

Sementara itu, PCare BPJS Kesehatan juga punya beberapa fitur yang memudahkan penyediaan layanan kesehatan pada pasien, seperti adanya pendataan pendaftaran dan pelayanan pada pasien BPJS Kesehatan.

Dengan fitur tersebut, FKTP bisa mendapat berbagai kemudahan, misalnya pendataan pasien jadi lebih praktis, petugas FKTP hanya perlu menginput data pasien di kolom yang tersedia.

Kemudian, proses diagnosis pasien juga bisa dilakukan lebih cepat, akibat adanya data riwayat kesehatan yang terintegrasi di PCare BPJS Kesehatan.

Kendati PCare BPJS kesehatan punya beragam kemudahan seperti di atas, namun platform ini sejatinya belum bisa digunakan atau diakses secara umum. Dengan kata lain, tidak semua pengguna bisa menggunakan PCare BPJS Kesehatan.

Dilansir dari Indonesia.go.id, Senin (14/3/2022), orang atau pihak yang bisa daftar PCare BPJS Kesehatan adalah fasilitas kesehatan yang telah resmi mendaftarkan diri ke BPJS.

BPJS bakal memberi username dan password pada FKTP agar bisa mengakses layanan PCare BPJS kesehatan. Adapun cara daftar PCare BPJS Kesehatan perlu dilakukan secara offline atau mengunjungi langsung kantor BPJS terlebih dahulu.

Selengkapnya, simak cara daftar PCare BPJS Kesehatan berikut ini.

Setelah berhasil login, Anda kini bisa mengakses layanan PCare BPJS Kesehatan dengan cara sebagai berikut:

Pendataan ini berfungsi untuk mempermudah FKTP dalam klaim biaya pelayanan yang telah diberikan pada pasien pada BPJS.

Selain pendataan pendaftaran dan layanan pada pasien secara umum, kini PCare BPJS Kesehatan juga punya fitur yang dapat membantu pendataan terkait berjalannya program vaksinasi COVID-19.

Fitur PCare BPJS Kesehatan program vaksinasi ini dihadirkan secara khusus dengan format aplikasi. Dilansir dari tayangan video YouTube kanal Pusat Pelatihan SDM Kesehatan milik Kementerian Kesehatan, berikut cara mendata vaksinasi lewat PCare BPJS Kesehatan:

Data vaksinasi PCare BPJS Kesehatan ini bakal tersimpan dan terintegrasi langsung dengan aplikasi PeduliLindungi. Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa menghubungi Pusat Layanan Informasi BPJS Kesehatan di nomor “1500400”.

Perlu diketahui, PCare BPJS Kesehatan ini memang didesain untuk memudahkan petugas kesehatan, bukan pengguna biasa. Sedangkan pengguna biasa, bisa mengakses layanan digital BPJS Kesehatan lewat aplikasi Mobile JKN.

Demikian cara daftar dan menggunakan PCare BPJS Kesehatan, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/15/13150097/cara-daftar-dan-menggunakan-pcare-bpjs-kesehatan-serta-fitur-vaksinasi-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke