Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Cek Jadwal KRL Jogja-Solo di 11 Stasiun yang Dilewati via Aplikasi KRL Access

Sejak tahun lalu, KAI Commuter mulai menyediakan rute KRL dengan layanan pulang-pergi untuk rute Jogja-Solo. Masyarakat Jogja dan Solo tercatat masih relatif banyak yang menggunakan layanan tersebut, meski di tengah situasi pandemi.

KAI Commuter mencatat terdapat sebanyak lebih dari 2,2 juta pengguna KRL Jogja-Solo, terhitung sejak awal Maret 2021 hingga Februari 2022. KRL Jogja-Solo kini bisa diakses penumpang melalui 11 stasiun yang tersebar di antara dua wilayah tersebut.

11 stasiun yang dilewati KRL Jogja-Solo

Adapun 11 stasiun yang dilintasi KRL Jogja-Solo tersebut meliputi:

  1. Stasiun Solo Balapan
  2. Satisun Purwosari
  3. Stasiun Gawok
  4. Stasiun Delanggu
  5. Stasiun Ceper
  6. Stasiun Klaten
  7. Stasiun Srowot
  8. Stasiun Brambanan
  9. Stasiun Maguwo
  10. Stasiun Lempuyangan
  11. Stasiun Yogyakarta (Tugu)

Per 1 Februari 2022 kemarin, KAI Commuter mengeluarkan jadwal KRL Jogja-Solo terbaru. Pengguna bisa langsung memeriksa jadwal operasi atau keberangkatan KRL Jogja-Solo melalui tautan ini.

Dari jadwal tersebut, terpantau jam keberangkatan paling awal KRL dari Stasiun Solo Balapan dengan tujuan terakhir Stasiun Yogyakarta adalah pukul 05.05 WIB, sedangkan jam keberangkatan paling akhir adalah pukul 19.00 WIB.

Sementara itu, jam keberangkatan paling awal KRL dari Stasiun Yogyakarta dengan tujuan terakhir Stasiun Balapan Solo Balapan adalah pukul 05.19 WIB. Jam keberangkatan paling akhirnya adalah pukul 20.17 WIB.

Cara daftar aplikasi KRL Access

Selain melalui tautan di atas, cara cek jadwal KRL Jogja-Solo juga bisa dilakukan lewat aplikasi KRL Access. Aplikasi ini memang secara khusus didesain sebagai sistem informasi digital dari pengoperasian KRL.

Terdapat beberapa informasi terkait KRL yang bisa dilihat oleh pengguna lewat aplikasi ini, termasuk jadwal KRL Jogja-Solo. Cara cek jadwal KRL Jogja-Solo lewat aplikasi KRL Access cukup mudah, bisa langsung lewat layar ponsel.

Syaratnya, Anda harus memiliki aplikasi KRL Access terlebih dahulu di ponsel, dengan mengunduhnya lewat toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk iPhone).

Setelah terunduh dan terinstal di ponsel, buka aplikasinya dan lakukan registrasi akun dulu, berikut caranya:

Cara cek jadwal KRL Jogja-Solo via aplikasi KRL Access

Apabila telah memiliki aplikasi dan akun pengguna KRL Access, simak cara cek jadwal KRL Jogja-Solo berikut ini:

Anda tidak hanya bisa cek jadwal KRL Jogja-Solo melalui aplikasi ini, melainkan juga memeriksa tarif atau harga tiketnya. Untuk saat ini, harga tiket KRL Jogja-Solo adalah Rp 8.000 untuk satu kali perjalanan.

Cara memeriksa harga tiketnya sendiri bisa dilakukan dengan mengetuk menu “Tarif” yang juga ada di dalam ikon garis tiga. Setelah itu, tinggal masukkan stasiun keberangkatan dan tujuan, lalu klik opsi “Hitung”.

Pembayaran tiket KRL Jogja-Solo kini sepenuhnya menggunakan mekanisme non tunai, salah satunya dengan memanfaatkan KMT atau Kartu Multi Trip yang dikelola juga oleh KAI Commuter.

Anda bisa mendapatkan KMT dengan membelinya melalui loket stasiun KRL dan toko resmi rekanan KAI Commuter lainnya. Harga KMT paling murah mulai dari Rp 30.000, dengan saldo sebesar Rp 10.000.

Sementara itu, isi ulang saldo KMT bisa dilakukan melalui Vending mesin yang ada di stasiun KRL, dengan memasukkan pecahan uang tunai sebesar Rp 10.000, Rp 20.000, Rp 50.000, atau Rp 100.000.

Sisa saldo KMT sendiri bisa dicek juga lewat aplikasi KRL Access dengan memanfaatkan fitur NFC yang tersedia pada ponsel. Caranya klik menu “Kartu Multi Trip” pada ikon garis tiga di KRL Access.

Kemudian, letakkan KMT milik Anda ke bagian punggung ponsel. Setelah itu, bakal terbaca saldo KMT milik Anda dan muncul daftar riwayat transaksi terakhir yang pernah dilakukan.

Cara cek jadwal KRL Jogja-Solo di atas relatif sama pada tiap ponsel, baik di ponsel Android maupun iPhone. Demikian cara cek jadwal KRL Jogja-Solo melalui aplikasi KRL Access, semoga bermanfaat. 

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/15/16150057/cara-cek-jadwal-krl-jogja-solo-di-11-stasiun-yang-dilewati-via-aplikasi-krl

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke