Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fitur Transkrip Video YouTube Hadir di Android

KOMPAS.com - Setelah hadir di YouTube versi desktop, fitur transkrip video kini juga dihadirkan Google di YouTube untuk Android.

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna melihat transkrip atau teks percakapan, atau hal yang sedang dibicarakan dalam video dalam format teks. 

Menurut sejumlah laporan yang beredar di dunia maya, fitur ini nantinya bakal hadir di halaman deskripsi video yang sedang dilihat.

Di halaman itu, disebutkan bakal ada tombol "Show Transcript" yang berguna untuk menampilkan seluruh transkrip video yang sedang pengguna tonton.

Tombol ini sendiri tampak terletak di bawah menu atau potongan Chapter di dalam video, serta tepat di atas daftar video yang direkomendasikan, sebagaimana terlihat pada ilustrasi gambar di bawah.

Ketika mengeklik tombol tersebut, pengguna lantas bakal bisa melihat daftar teks atau transkrip dari video yang ditonton, lengkap dengan informasi waktu (timestamp) di detik atau menit ke berapa teks tersebut bisa didengar.

Sekilas, tampilan fitur transkrip di aplikasi YouTube versi Android ini mirip dengan YouTube versi web atau desktop.

Namun, di YouTube versi Android, pengguna cukup menekan tombol "Show Transcript" saja untuk menampilkan transkrip video.

Sedangkan di YouTube versi desktop, pengguna perlu mengeklik ikon "tiga titik horizontal" di bagian pojok kanan bawah video lebih dulu sebelum mereka bisa menampilkan transkrip video dengan mengeklik menu "Show Transcript", seperti ilustrasi gambar di bawah ini.

Belum diketahui kapan fitur tersebut bakal diluncurkan Google. Namun, fitur ini konon bakal diaktifkan secara bertahap dari sisi server, bukan melalui pembaruan aplikasi YouTube teranyar, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AndroidPolice, Rabu (16/3/2022).

Dengan begitu, pengguna Android bisa mengecek aplikasi YouTube mereka secara berkala untuk mengetahui apakah fitur ini sudah bisa digunakan atau belum.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/16/09030007/fitur-transkrip-video-youtube-hadir-di-android

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke