Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Zuckerberg Ungkap Fitur NFT di Instagram

Hal tersebut diutarakan Zuckerberg saat berbicara dalam ajang tahunan South by Southwest (SXSW) 2022.

"Kami sedang berupaya membawa NFT ke Instagram dalam waktu dekat," kata Zuckerberg dalam konferensi South by Southwest (SXSW) 2022 yang digelar di Austin, Texas, pada Selasa (15/3/2022) waktu setempat.

Namun, Zuckerberg tidak memberikan rincian lebih lanjut terkait bagaimana bentuk dukungan NFT di Instagram. Entah berupa dukungan untuk menampilkan aset NFT di Instagram, atau dukungan untuk jual beli NFT.

Kendati demikian, Zuckerberg mengindikasikan bahwa pengguna Instagram nantinya akan dapat memamerkan aset NFT miliknya di Instagram.

"Saya belum siap mengumumkan hal ini. Namun dalam beberapa bulan ke depan, semoga kemampuan untuk membawa NFT Anda (ke Instagram) dapat segera terwujud," kata Zuck.

Meski telah mengonfirmasi, belum diketahui kapan dukungan NFT akan mendarat di Instagram. Zuckerberg juga berkata bahwa masih banyak hal teknis yang perlu diselesaikan untuk menghadirkan NFT di Instagram.

Ke depannya, NFT di ekosistem Meta juga dirancang agar memiliki peran di metaverse. Zuckerberg mencontohkan, avatar yang dipakai pengguna di metaverse dapat dicetak menjadi NFT sehingga dapat digunakan di platform lainnya.

Hal ini juga akan memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan dari sistem blockchain.

Transaksi jual beli NFT di Facebook

Pada Januari lalu media Financial Times melaporkan bahwa Meta, perusahaan induk Facebook, Instagram dan WhasApp, sudah membahas peluncuran pasar NFT.

Fitur ini nantinya akan memungkinkan pengguna untuk bertransaksi jual beli aset NFT di Facebook maupun Instagram. Namun saat itu, pengembangan fitur tersebut masih dalam tahap sangat awal.

Dengan dikonfirmasinya dukungan NFT di Instagram oleh CEO Meta, menjadi indikasi bahwa perkembangan rencana perusahaan atas NFT sudah selangkah lebih maju dibanding Januari lalu.

Pada Oktober 2021, Mark Zuckerberg juga sempat membahas topik terkait upaya yang akan dilakukan metaverse dalam mendukung aset kepemilikan barang digital alias NFT.

Kemudian pada Desember 2021, CEO Instagram Adam Mosseri mengatakan bahwa pihaknya akan secara aktif mengeksplorasi NFT dan berupaya untuk mencari cara untuk membuat NFT lebih mudah diakses oleh pengguna yang lebih luas.

Dihimpun KompasTekno dari Fortune, Rabu (16/3/2022), selain NFT, Meta sebelumnya sudah mencoba membuat mata uang digital bernama Libra untuk terjun ke dunia blockchain. Sayangnya upaya itu gagal sehingga Meta menjual bisnis kriptonya tersebut pada Januari lalu.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/16/13010027/zuckerberg-ungkap-fitur-nft-di-instagram-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke