Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar 116 Kabupaten/Kota yang Kebagian STB TV Digital Gratis pada Tahap I

Hal ini sehubungan dengan pelaksanaan migrasi TV analog ke TV digital (analog switch off/ASO) tahap pertama yang dijadwalkan rampung pada 30 April 2022 mendatang.

STB sendiri merupakan sebuah alat yang dapat mengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara, sehingga dapat ditampilkan di TV analog.

Oleh karena itu, juru bicara Kominfo Dedy Permadi mengatakan bahwa STB gratis dari pemerintah juga akan didistribusikan pertama kali ke daerah-daerah yang terdampak ASO Tahap I.

"Pembagian STB gratis untuk pertama kalinya akan didistribusikan ke daerah yang akan terdampak ASO tahap pertama, sebagaimana ditetapkan oleh Peraturan Menteri Kominfo Nomor 6 tahun 2021, yang meliputi 56 wilayah siaran atau 166 Kabupaten/Kota," kata Dedy melalui pesan singkat kepada KompasTekno.

Dedy mengungkapkan bahwa kebutuhan STB gratis untuk ASO tahap pertama ini adalah sebanyak 3.202.470 unit, dimana satu unit STB gratis diperuntukkan untuk satu rumah tangga miskin.

"Pembagian STB ditargetkan selesai sebelum masing-masing tanggal pelaksanaan tahapan ASO, dimana untuk tahap ASO pertama akan diselesaikan sebelum tanggal 30 April 2022," kata Dedy.

Lantas, wilayah mana saja yang akan mendapatkan STB gratis dari pemerintah pertama kali?

Dedy mengungkapkan bahwa daftar daerah yang mendapatkan bantuan STB pertama telah dipublikasikan melalui tautan https://komin.fo/stbASO1.

Di tautan tersebut, Anda bisa melihat detail informasi soal provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan/desa yang kebagian STB gratis pertama dari pemerintah. Lalu ada pula detail alokasi unit STB gratis yang bakal dibagikan untuk tiap-tiap kelurahan/desa yang terdampak ASO Tahap I.

Berikut KompasTekno rangkumkan 56 wilayah siaran atau 166 Kabupaten/Kota di Indonesia yang kebagian STB gratis pertama dari pemerintah untuk ASO Tahap I.

Siapa yang berhak dapat STB gratis?

Penyediaan STB gratis ini sedianya adalah masuk dalam kategori bantuan sosial (bansos). Tujuan pengadaan ini adalah untuk kelancaran program pengalihan TV analog ke TV digital atau ASO.

Karena itu, tidak semua masyarakat Indonesia kebagian dekoder STB secara cuma-cuma dari pemerintah. Secara umum, ada beberapa syarat yang dipenuhi masyarakat untuk menjadi penerima STB gratis, yaitu:

Oleh karena itu, Kominfo mengimbau masyarakat yang dinilai memenuhi kriteria untuk proaktif mengecek DTKS melalui aplikasi Cek Bansos Kemensos RI.

"Sebab saat ini, pemberian bantuan STB mengacu kepada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Kemensos, dan STB akan dibagikan secara bertahap. Kementerian Kominfo tidak membuka jalur pendaftaran lain untuk mendapatkan STB Gratis," kata Dedy.

Berikut panduan untuk mengecek apakah Anda termasuk penerima STB gratis dari pemerintah atau tidak, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs indonesia.go.id, Kamis (17/3/2022):

  • Install "Aplikasi Cek Bansos" milik Kemensos RI di Google Play Store.
  • Buka aplikasi Cek Bansos.
  • Lakukan registrasi dengan membuat akun baru Isi seluruh informasi yang dibutuhkan, termasuk informasi nomor induk kependudukan (NIK) e-KTP, nomor kartu keluarga (KK), alamat tempat tinggal, nomor ponsel, alamat e-mail, serta username dan password.
  • Bila sudah, login menggunakan username dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya.
  • Saat masuk ke aplikasi, pilih menu "Daftar Usulan" lalu tambah usulan.
  • Masukkan data Anda sesuai denga data kependudukan.
  • Bila nama Anda sudah tervalidasi dan masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos, Anda baru bisa memilih jenis bansos.
  • Klik "pilih jenis bansos", pilih pemberian alat STB gratis.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/17/07000067/daftar-116-kabupaten-kota-yang-kebagian-stb-tv-digital-gratis-pada-tahap-i

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke