Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Link Dashboard dan Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 24 yang Dibuka Hari Ini

KOMPAS.com - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 24 dibuka hari ini, Kamis (17/3/2022) pukul 10.30 WIB. Peserta dapat mendaftarkan diri melalui website resmi Kartu Prakerja di prakerja.go.id.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan target peserta Kartu prakerja gelombang 24 kali ini menurun dibanding gelombang sebelumnya. Kartu Prakerja gelombang 24 hanya menargetkan 300.000 perserta, dari 500.000 peserta pada Kartu Prakerja gelombang 23.

Kendati target peserta berkurang, namun jumlah insentif yang akan diterima tetap sama, yakni sebesar Rp 2,4 juta atau Rp 600.000 yang akan diberikan selama empat bulan.

Kartu Prakerja sendiri merupakan program dari pemerintah yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan. Dukungan akan diberikan dalam bentuk bantuan berupa biaya yang diberikan bagi para calon pekerja, pekerja yang terdampak PHK, dan juga pelaku usaha mikro dan kecil.

Pada tahun ini, Kartu Prakerja akan memberikan keberpihakan kepada 220 kabupaten sebagai upaya penurunan kemiskinan ekstrem. Selain itu terdapat alokasi untuk 50.000 pekerja migran yang diharapkan dapat meningkatkan kompetensi calon pekerja migran.

Syarat pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 24

Sebelum mendaftar Kartu Prakerja gelombang 24, peserta diharapkan memenuhi syarat pendaftaran. Beberapa syarat yang perlu diperhatikan masyarakat sebelum mendaftar Kartu Prakerja gelombang 24 adalah sebagai berikut, dihimpun dari laman resmi prakerja.go.id:

Link dashboard dan cara daftar Kartu Prakerja gelombang 24

Setelah memenuhi syarat di atas, lanjutkan dengan mendaftar Kartu Prakerja gelombang 24 sesuai langkah berikut, dilansir dari laman resmi prakerja.go.id:

Perlu diperhatikan untuk data pribadi yang digunakan untuk pendaftaran, pastikan nama ibu kandung yang dimasukkan dalam formullir sudah sesuai. Jika data tidak sesuai, Anda dapat menghubungi Dukcapil melalui telepon di nomor 1500537.

Bisa juga melalui Whatsapp/SMS 08118005373. Akun WhatsApp tersebut adalah akun bisnis resmi, ditandai dengan centang hijau sebagai tanda verifikasi.

Untuk menghubungi, ketik sapaan seperti "halo" atau "hi", kemudian pilih nomor "2" untuk pengaduan. Selanjutnya, ikuti petunjuk sesuai instrkusi admin.

Aduan juga bisa disampaikan via e-mail di alamat callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id, atau kunjungi kantor Dukcapil terdekat untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Sementara itu, peserta yang dinyatakan lolos Kartu Prakerja gelombang 24 akan menerima notifikasi melalui SMS dan e-mail. Adapun jika peserta yang belum lolos, dapat mendaftar kembali pada gelombang berikutnya. 

Itulah cara daftar Kartu Prakerja gelombang 24. Semoga membantu.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/17/09450097/link-dashboard-dan-cara-daftar-kartu-prakerja-gelombang-24-yang-dibuka-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke