Salin Artikel

Google I/O 2022 Digelar Online dan Gratis, Ini Jadwal serta Link Daftarnya

Seperti tahun lalu, Google I/O 2022 ini juga akan sepenuhnya digelar secara daring alias online. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh CEO Google, Sundar Pichai melalui sebuah kicauan di akun Twitter pribadinya.

Dalam kicauannya, Pichai mengunggah video GIF Google I/O 22 dan menuliskan "kami akan kembali live dari Shoreline Amphitheatre untuk #GoogleIO tahun ini! Bergabunglah dengan kami secara online pada 11-12 Mei".

Ini merupakan yang kedua kalinya acara Google I/O disiarkan secara daring dan bisa diakses secara gratis.

Ajang Google I/O sendiri sempat absen pada 2020 karena pandemi Covid-19. Kemudian pada 2021, Google kembali menggelar ajang Google I/O secara online dan gratis untuk pertama kalinya.

Sebelum-sebelumnya, Google juga mengenakan biaya masuk bagi para developer atau pengunjung yang ingin menghadiri ajang bergengsi tersebut.

Sebelum mendaftar, pengunjung harus melakukan log-in menggunakan akun Google terlebih dahulu. Setelah itu, barulah opsi pendaftaran bisa diisi.

Dalam laman FAQ yang sama, Google mengatakan bahwa jadwal lengkap acara akan diumumkan dalam beberapa waktu ke depan.

Google menyarankan pengguna untuk mengecek situs Google I/O secara berkala untuk melihat program lengkap Google I/O tahun ini.

Google I/O sendiri merupakan sebuah ajang konferensi pengembang aplikasi tahunan yang digelar di kompleks kantornya di kawasan Mountain View, Amerika Serikat.

Ajang Google I/O kerap menjadi panggung perkenalan sistem operasi Android versi teranyar, berikut inovasi-inovasi terkini lainnya dari sang tuan rumah.

Tahun 2022 ini, Google diprediksi bakal memperkenalkan Android 13 secara resmi.

Google sendiri sudah merilis Android 13 "Tiramisu" untuk para pengembang (developer preview) pada Februari lalu.

Untuk menilik fitur dan tampilan Android 13 versi developer preview, Anda bisa menyimaknya melalui artikel "Penampakan Awal Android 13 Beserta Fitur Barunya".

Android 13 sendiri kini masih dalam proses perilisan versi developer preview untuk bulan Februari-Maret 2022.

Selanjutnya, Google dijadwalkan merilis Android 13 versi beta pada April 2022. Versi akhir atau stable dari Android 13 sendiri ditargetkan siap pada Juni atau Juli 2022 ini. Bila sesuai jadwal, Android 13 paling cepat bakal dirilis setelah bulan Juli 2022.

Selain OS Android baru, Google diprediksi bakal mengumumkan inovasi lanjutan dari sistem operasi Wear OS, untuk perangkat wearable seperti smartwatch. Wear OS yang diumumkan pada Google I/O 2021 lalu.

Wear OS yang pertama kali diumumkan pada ajang Google I/O 2021 ini merupakan hasil perkawinan antara dua OS wearable device, yakni Wear OS (Google) dan Tizen (Samsung).

Sebagaimana dihimpun dari XDA Developers, sejauh ini, Wear OS masih eksklusif digunakan untuk perangkat wearable bikinan Samsung yang kompatibel dengan ponsel Google saja.

Untuk mendaftar atau mengetahui informasi lebih lanjut terkait Google I/O 2022, silakan kunjungi tautan berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/18/12010097/google-i-o-2022-digelar-online-dan-gratis-ini-jadwal-serta-link-daftarnya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.