Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Diuji, 5G Telkomsel Tembus 1 Gbps di Sirkuit Mandalika

KompasTekno pun turut berkesempatan untuk menguji jaringan 5G di sana. Kami melakukan pengujian jaringan 5G Telkomsel menggunakan aplikasi Speedtest dari Ookla.

Pengujian ini kami lakukan di sejumlah titik di sekitar sirkuit, salah satunya adalah tribun yang akan menjadi tempat berkumpulnya para penonton.

Di lokasi ini, kecepatan download jaringan 5G Telkomsel mencapai 1,006 Mbps atau 1 Gbps. Adapun kecepatan upload-nya mencapai 123 Mbps dan latency 14 ms.

Ini adalah kecepatan download tertinggi yang kami dapat selama pengujian pada Sabtu (19/3/2022). Dengan kecepatan tersebut, video streaming dapat berjalan dengan sangat lancar tanpa kendala.

Berselancar di dunia maya, seperti di media sosial juga tidak ada halangan yang menghambat. Kami juga mencoba mengunduh game Call of Duty yang berukuran 1,7 GB dari Google Play Store. Kami hanya membutuhkan waktu sekitar 1 menit 37 detik untuk mengunduh game tersebut.

Adapun perangkat yang kami gunakan adalah Oppo Reno7 Z 5G. Menurut PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, angka kecepatan download tersebut merupakan rekor jaringan 5G di perangkat Reno7 Z 5G.

"Oppo Reno7 Z 5G memiliki kompatibilitas dengan jaringan 5G di Indonesia baik yang mengusung sistem Dynamic Spectrum Sharing (DSS) maupun pita N1, n3, n40, dan n78," kata Aryo saat ditemui di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Dalam beberapa kali pengujian, kecepatannya download-nya pun stabil di kisaran angka 990 Mbps dengan kecepatan upload sekitar 60 Mbps dan latency 13 ms hingga 14 ms.

Kendati demikian, ada kemungkinan hasil pengujian hari ini akan berbeda di hari berikutnya. Sebab, pada Sabtu (19/3/2022) ini jumlah penonton di sirkuit masih terlihat lengang. Sehingga bandwith jaringan 5G Telkomsel belum banyak terbebani.

Telkomsel sendiri menyiapkan 16 BTS 5G yang untuk menghadirkan konektivitas 5G di gelaran internasional tersebut.

Ada dua lokasi utama di mana 5G Telkomsel digelar, yaitu di Mandalika International Street Circuit dan Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid-Lombok.

Adapun frekuensi 5G yang digunakan Telkomsel adalah gabungan dari 2.100 MHz dan 2.300 MHz yang secara komersial telah digelar sejak tahun lalu. Selain itu, ada tambahan frekuensi 3.500 MHz yang untuk sementara diizinkan penggunaannya oleh Kementerian Kominfo.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/19/10413967/diuji-5g-telkomsel-tembus-1-gbps-di-sirkuit-mandalika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke