Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Oppo Reno 7 Bisa Langsung Nyambung 5G di Mandalika, Segini Kecepatannya

Untuk menunjang komunikasi di sana, operator seluler di Indonesia menggelar jaringan generasi kelima alias 5G. Salah satunya adalah Telkomsel.

KompasTekno mendapat kesempatan menguji jaringan 5G di Mandalika tersebut. Perangkat yang kami gunakan adalah Oppo Reno7 yang diklaim sudah mendukung jaringan 5G Telkomsel.

Oppo menyebutkan Reno7 sudah mendukung jaringan 5G yang beroperasi di Indonesia, tanpa harus melakukan proses unlock atau update software.

Oppo Reno7 5G sendiri mendukung jaringan 5G di band N1, N3, N40, N78.

"Oppo Reno7 juga kompatibel dengan 5G di Indonesia yang mengusung sistem Dynamic Spectrum Sharing (DSS)," kata Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia saat ditemui di Mandalika International Street Circuit.

Adapun frekuensi 5G yang digunakan Telkomsel adalah gabungan dari 2.100 MHz (band n3) dan 2.300 MHz (band n40) yang secara komersial telah digelar sejak tahun lalu.

Selain itu, ada tambahan frekuensi 3.500 MHz (band n78) yang untuk sementara diizinkan penggunaannya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Tiga band yang diaktifkan Telkomsel selama gelaran MotoGP Mandalika ini di atas kertas cocok dengan Oppo Reno7 5G.

Untuk membuktikannya, kami menggunakan kartu SIM 4G Telkomsel yang sudah memiliki profil 5G. Saat dijajal di area sirkuit Mandalika, Oppo Reno7 memang dapat langsung terhubung dengan jaringan 5G.

Dari pengujian yang kami lakukan menggunakan aplikasi Speedtest dari Ookla, kecepatan download Oppo Reno7 di jaringan 5G Telkomsel mencapai 993 Mbps. Sementara kecepatan upload-nya 63,9 Mbps dengan latency 13ms.

Ini adalah kecepatan tertinggi yang kami saat berada di tribun penonton, lebih tepatnya di Grandstand B. Di titik lain, kecepatannya bervariasi di bawah angka di atas.

Dengan kecepatan ini, mengunduh game Apex Legends sebesar 2,8 GB tidak lebih dari 4 menit. Kami juga mencoba streaming menggunakan Reno7 5G dan bisa dilakukan dengan lancar tanpa terputus atau jeda dengan kualitas video 4K.

Oppo Reno7 5G sendiri menggunakan chipset MediaTek Dimensity 900 5G. Chipset ini dibekali dengan modem 5G yang disebut memiliki kecepatan download hingga 2,77 Gbps.

SoC ini dibuat untuk ponsel 5G kelas menengah. Meski demikian, SoC tersebut dibuat dengan fabrikasi 6nm, sama seperti chip kelas atas Dimensity 1200.

Di Indonesia, Oppo Reno7 dijual dengan harga Rp 7,5 juta.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/19/20190457/oppo-reno-7-bisa-langsung-nyambung-5g-di-mandalika-segini-kecepatannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke