Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

"Race Day" MotoGP Mandalika, Internet 5G Telkomsel Tetap Ngebut

Pada sesi balapan (race day) yang digelar Minggu (20/3/2022) ini, sinyal 5G Telkomsel masih menunjukkan performa yang cepat, termasuk di lokasi berkumpulnya penonton.

Pantauan KompasTekno, pengujian kecepatan 5G Telkomsel di tribun Zona B mencapai angka kecepatan unduh (download) mencapai 111 Mbps. Sementara kecepatan unggah upload 9,68 Mbps dan latensi 23 ms.

Angka ini tergolong cepat karena lokasi tempat pengujian merupakan pusat kerumunan. Jumlah penonton keseluruhan pada sesi terakhir MotoGP Mandalika hari Minggu sendiri mencapai sekitar 60.000 orang.

Dengan kecepatan tersebut, streaming video berkualitas 4K di YouTube bisa berjalan dengan lancar tanpa jeda.

Upload konten di media sosial juga masih lancar meski keceparan unggahnya satu digit.

Kami juga mengunduh update untuk beberapa aplikasi dengan ukuran sekitar 500 MB. Hasilnya, proses unduhan membutuhkan waktu sekitar 7 - 10 menit.

Telkomsel sendiri menyiapkan 16 BTS 5G yang untuk menghadirkan konektivitas 5G di gelaran internasional tersebut.

Ada dua lokasi utama di mana 5G Telkomsel digelar, yaitu di Pertamina Mandalika International Street Circuit dan Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid-Lombok.

Adapun frekuensi 5G yang digunakan Telkomsel adalah gabungan dari 2.100 MHz dan 2.300 MHz yang secara komersial telah digelar sejak tahun lalu. Selain itu, ada tambahan frekuensi 3.500 MHz yang untuk sementara diizinkan penggunaannya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Satu hari sebelum race day atau pada Sabtu (19/3/2022), KompasTekno juga melakukan pengujian di lokasi yang sama. Hasilnya, kecepatan download sempat menembus 1 Gbps dan stabil di kisaran 990 Mbps.

KompasTekno melakukan uji coba kecepatan internet (speedtest) 5G secara langsung di arena MotoGP 2022 di Mandalika sejak hari pertama kompetisi berlangsung. Untuk melihat bagaimana pengujian dilakukan dan hasilnya, bisa dipantau di Instagram @teknokompas.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/20/13321177/race-day-motogp-mandalika-internet-5g-telkomsel-tetap-ngebut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke